Kuliah Psikologi Pendidikan Islam


MULYADI KARTANEGARA (087774441959)
o   Berlian dari negeri rumi, à Renungan mistik jalaludin rumi (skripsi pak mulyadi)
o   Doktor itu awal dari segalanya, seperti supir mendapatkan sim, adalah awal untuk menyupir, selanjutnya adalah menyupir sendiri tanpa bimbingan
o   Buku-bukunya : a) 1986, renungan mistik jalaludin rumi, skripsi b) sejarah filsafat Islam, c) 1995, mukhtasor siwan al-hikmah (disertasi), d) 2000, mozaik khazanah Islam, e) 2002, the venture of Islam, f) menembus batas waktu, g) 2003, mengubah tirai kejahilan, h)  2004, jalaludin rumi, guru sufi, penyair agung, h) 2005, integrasi ilmu, i) seni mengukir kata , kiat kita menulis aktif dan kreatif, j) the best chiken soup of the philosopy, k) 2006, gerbang kearifan(sebuah pengantar filsafat Islam), l) 2006, menyelami lubuk tasawuf, m) 2007, mengislamkan nalar, n) 2007, nalar religius, o) islam, bagi yang pengen tau, p)  rasa’il ikhwan asshafa, q) 2009, sains dan matematika dalama islam, r) 2010, etika, filsafat islam dan tasawuf, s) 2011, pengantar studi Islam, t) 2012, pengantar psikologi islam
o   PENGANTAR : SEKULARISASI SAINS MODERN
o    Sekularisasi adalah Penyingkiran hal-hal yang empiris dari arena sains
o   Fase primitif (agama), Fase metasfisik (aqal), fase empiris (sains)
o   Matter à materi à astrofisika - -  laplace
Lifeà kehidupan à biologi -- darwin
Mind à pikiran à psikologi – freud
Culture à kebudayaan à sosiologi --  durkhein
o   Aristoteliar =  Efficient, material, formal, final
o   (biologi) natural selection (darwin) ... seperti jerapah tinggi sendiri karena tumbuhan semakin tinggi, dll
o   (psikologi) Tuhan itu diciptakan oleh manusia. (freud) ini ilusi...karena mengganggap manusia kecil dan kerdil maka mengilusikan sesuatu yang besar dan kuat. Dan ilusi ini yang mengciptakan adalah manusia. Dari pada begitu...maka hadapilah dunia dengan gagah dan berani... agama sebagai ilusi akan ditinggalkan oleh masyarakat modern karena banyak diagama yang sifatnya ilusi.. (prediksi freud dan meleset)
o   (sosiologi) untuk memahami manusia harus memahami hewan dulu, untuk memahami masyarakat modern maka harus memahami masyarakat primitif dulu. (durkhain) jadi... Tuhan itu adalah masyarakat...
o   Allah itu dikenal dengan ayat-ayatnya: ayat qauliyah dan ayatkauniyah
o   Pencopotan atribut suci dari pada selain allah = sekurasasi selain Allah
o   Sufi : allah adalah kekasih maka Qur’an adalah surat cinta dari sang kekasih...
o   Makanya memandang qur’an itu harus dengan cinta...
o   Jalaludin rumi : qur’an itu seperti perempuan yang memakai cadar... ia tidak akan membuka cadarnya kecuali bagi yang ia cintainya....
o   Frued (psikologi analisa)
o   ID (dorongan) , EG (kesadaran) , SE (super ego)—hati nuranI
o   SEKULARISASI PSIKOLOGI BIOLOGIS
o   Kata akal ada 6 arah mata angin selain itu tidak ada jalan lain...tapi kata hati...saya sudah menjalani berkali-kali
o   Akal hanya mengantarkan sampai gerbagng tuhan, tetapi ketiika sampai tuhan akal harus dihilanghkan karena dihadapan tuhan tidak ada lagi apa dan bagaimana
o   Hati lebih hebat dari akal, tetapi melawatinya dengan akal..
o   Kalau akal masih mencari unta untuk ke ka’bah tetapi hati sudah bertawaf di ka’bah (jalaludin rumi)
o   Kondisi jiwa dipengaruhi oleh badan.
o   Psikologi bisa berkembang maka lihatlah manusia bagian dari benda – benda yang lain di dunia
o   Sekularisasi psikologi : 1. Perspektif biologis, 2. Bevahiorist, 3. Pssyhonalisist, 4. Cognitive, 5, humanistik, 6. Transporsonal
o   Stimulus respon....
o   Jiwa mineral, Jiwa nabati, jiwa hewani, jiwa nafsani, jiwa insani/humanistik, jiwa sir, sirr al-asror (robert frazer—heart, self and soul)—dipakai dalam tarekat naqsabandiyah
o   Hati (sudur, qolb, fuad, lub) , akal, ruh, nafs
o   Alam ini diatur oleh matematik “lita’lamu adadasinina wal hisab” ... berarti matematik bukan hanya dipikiran saja tetapi empirik juga..
o   Seruling itu mencerminkan diri kita...
o   “yusabbihu ma fi sama wati wa ma fi’iard. ...pasti di langit ada makhluk..
o   Ibnu arabi : dunia ini adalah banyangan Tuhan...
o   Ammarah(masih berbuat dosa), lawwamah(mau melepaskan dosa tapi berontak hatinya), mulhamah(melepaskan dosa), mutmainnah (tidk tertarik lagi tapi benci)
o    

Kuliah 22/01/2012
·         Nujum, falaq, kawakib
·         Ahkamunnujum : astrologi
·         Seluruh alam punya jiwa...alam insan kabir... sampai batu punya jiwa....samapi air, mineral punya jiwa...buktinya batu berubah jadi intan...dan warna warni batu dari spiritual nya planet planet ... emas pengaruh spritual matahari ... yang putih dari bulan...merah dari mars..safir dari venus.....
·         Akhlak manusia bisa dipengaruhi dimaa ia lahir, dan ada yang tertanam dari pembawaan, seperti tabiatnya berani atau sabar atau dermawan. Tetapi manusia ada iktiyar...(bilmalakah)...bisa dilatih...makanya pentingnya pendidikan....
·         Apa bedanya tumbuhan dengan batubatuan/ mineral ...
·         Tumbuhan..bisa makan, bisa tumbuh dan bisa berkembang biak ...
·         “kuntu ma...faahbabtu....”
·         Alam dicipta dengan cinta....
·         Langit berputar dengan gelombang cinta...
·         Evolusi manusia dari hal-hal yang terbaik dari hewan.....dan diciptakan dengan cinta tuha
·         Keistimewaan hewan...yaitu indera dan gerak...
·         Indera ada 10. Ada indra lahir dan ada indra bathin. Menurut ibnu sina : indra bathin, fantasi (kemampuan menangkap bentuk tapi tidak bisa melestarikan)  (alhis almustarak/camaensen), khayal (menangkap dan melestarikan bentuk fisik), imajinasi (mutakhayyilah), wahmun (estimasi), hafizah (memori)
·         Kemampuan manusia itu menuju fisik ke non fisik...
·         Tujuan filsafat adalah melepas dari bentuk materi....
·         Wahmu itu...kerbau lebih besar dari serigala...tetapi dalam wahmun kita serigala lebih menakutkan dari kerbau....
·         Gerak menuju objek atau gerak atau menjauh dari objek itu tergantung dari estimasi....
·         Gerak (harokah) adalah posisi untuk berpindah meninggalkan tempat...
·         Dorongan yang menuju objek (namanya shahwat) sedangkan dorongan jiwa untuk menjauh disebut ghodobiyah.
·         10 indera yang dimiliki hewan...
·         Manusia memiliki semua jiwa yang ada dibawahnya.....makanya disebut mikrokosmos (a’lam shogir)
·         Kelebihan yang dimiliki manusia adalah akal...
·         Makanya manusia di sebut hayawan natiq (hewan yang bisa berbicara).
·         Intuisilah yang terjadi percakapan anatar sulaiman dan semut
·         Alam muluk, alam malakut, alam jabarut, alam lahut, alam hahut
·         Alam fisik, alam misal, alam spiritual
·         Prinsip mimpi itu adalah senang
·         Malakut itu adalah misal....
·         Hikmah itu adalah ilmu filsafat
·         Nga semua bisa dipahami dengan hati...
·         Mimpi kazib adalah mimpi yang kemudian kita lupa, tapi kalau shodiq biasanya kita ingat mimpinya lama, karena mimpi shodiq itu berita sebagai ilham
·         Ibnu sirrin, enslikopedi mimpi...
·         Alam mitsal itu melihat fisik tapi sebenarnya bukan fisik.
·         Qur’an yang belum ada suara dan huruf dilauhilmahfuz dibawa ke alam mitsal  difisikkan....
·         Psikologi : jiwa manusa dibahas dalam fisik, teoritis dan rasional, tetapi jika sudah lepas daritubuh maka menjadi metafisisk, teori, dan rasional.
·         Allah – ruh --- qolb --- nafs --- tin (tanah)
·         Halaman 172 ..pendidikan dasar ibnu sina --- 6 s/d 10 tahun al-Qur’an dan sastra arab, 10 tahun menghafal al-qur’an kemudian 10 tahun bvelajar aritmatik. 10 – 16 tahun belajar hukum dan sudah mempraktekkan sebagai qodhi dan sudah bisa berdebat masalaha hukum, logika/filsafat/ madkhol ilal mantiq/ belajar juga matematik/ kedokteran/ fisika/metafisika/ . 16 s/d 17 ½ tahun , mempelajari terperinci ilmu-ilmu filsafat, (logika, matematik, fisika dan metafisisk, dengan bantuan dari al-farabi), 18 tahun diangkat jadi dokter istana kemudian dia membaca semua buku diperpustakaan. Menulis ahwalnafs.
·         Muhammad aljabiri menulis 40 lembar dalam 40 tahun.
·         Ilmu agama yang dicari adalah kebenaran, yaitu allah
·         Yang kita ketahui adalah sesuatu
·         Mengetahui kebenran dari ayat qouliyah dan kauniyah.
·         Ilmu qouliyah melahirjkan ilmu agama dan dari ilmu kauniyah adalah alam. Alam ini adalah ayat-ayat allah.
·         Al-jahiz menulis al-hayawan....bahwa alhayawa adalah cabang dari ilmu agama.
·         “faman sya’a fal yu’min wan sya’a falyakfur
·         Kenapa kita memahami alam bukan karena  dari allah.
·         PSIKOLOGI ISLAM SKRIPTUAL (RELIGIUS)
·         MAZHAB  psikologi  islam: 1. Religius, 2. Sufistik, 3. filosofis
·         Akal itu bukan substansi tapi fungsi dari qolb. Karena dalam al-qur’an tidak ada kata aqal yang ada hanyalah aqal dengan menggunakan fi’il mudori
·         Mazhab religius : ibnu hazm, ibnutaymiyah, ibnu qayyim.
·         Ketiga mazhab sependapat bahwa jiwa bisa survive setelah kematian
·         Jiwa memiliki wujud sebelum menyatu dengan fisik.  Tetapi jiwa tersiksa ketika menyatu dengan fisik, seperti menyatu dengan lumpur,  karena sibuk dengan tubuh, jiwa lupa... jika jiwa terbebas dari tubuh maka jiwa akan nampak benning.
·         Menurut ibnu hazm : motif manusia adalah Menghindar dari kecemasan, tetapi tidak ada yang bisa menghindarikan itu bagi yang bersandarkan pada Allah
·         Menurut ibu hazm Jiwa dan ruh, nafs adalah sama
·         Jiwa bukan substansi tetapi ia melekat dengan yang lain’
·         Substasi (jauhar), aksiden (arad)
·         Ibnu hazm pengeritik  aristoteles
·         1165 meninggal ibnu hazam 1350
·         Epistemologi qur’ani ....
·         Yang berpikir itu bukan akal tetapi hati....
·         Ibnu hazam ....keyakinan keabadian jiwa....
·         Ibnu hazam adzahiriyyah...
·         Roh dengan nafsu sama........
·         Ibnu taymiyah = mengkritik tasawut
·         Jiwa bukan fisik tapi juga bukan esensi
·         Mungkin diakhirat ada fisik yang lain, yaitu fisik imaginer....
·         Siksaaan kubur...allati tatoliu alalafidah....yaitu sengasara di dalam hati
·         Jiwa berdiri sendiri....
·         Ruh diartikan jiwa...
·         Ruh yang mengatur badan dan yang survive setelah kematian
·         Ruh disebut jiwa karena mengatur badan, dan disebut ruh karena jiwanya tang lembut,
·         Ruh berdiri sendri (jauhar mujarrad)
·         ibnu qayyim
·         Jiwa adalah sbstansi atau jasad
·         Teapai ia bukan tubuh
·         Jiwa juga bukan angin, dan tidak memiliki ruang, panjanh lebar, warna,
·         Dia mnegalir dalam tubuh sepert minyak zaitun dan api dalam kayu bakar.
·         Jiwa itu satu dan memiliki tiga sifat. Nafsu ammarah , nafsu yang menyuruh berulang ulang, nafsu lawwamah, selalu ragu untuk melepasnya atau mengerjakannya, nafsu mutamaiinnah, ketenangannya dalam beribadah.
·         Adapaun tujuannnya adalah mencapai nafsu mutmainnah
·         Hati adalah raja yang menggunakan seluruh alat tubuh
·         Ghazalki : hati, akal, nafsu
·         Hati adalah raja, akal: perdana mentri, dan nafsu kuda dan tubuh delman
·         Nafsu dimanage jangaan dibunuh...
·         Hati disini adalah main, atau pikiran atau lubb.
·         Tempat akal bukan diotak, tetapi dihati, cabang buahnya baru ada di otak.
·         The unity of al-Qur’an Dr. Amir faisol


Kuliah 05/02/2012
·         Agar dapat menulis dengan mudah, kuncinya satu, yaitu : “Cinta”...nanti akan banyak inspirasi....
·         Mazhab psikologi islam yang pertama adalah sufistik dan filosofis
·         Psikologi – fisika – teoritis – rasional
·         Psikologi – metafisik – teoritis – rasional
·         Psikologi skriptual, tokohnya : ibnu hazm, ibnu taymiyyah, ibnu qayyim
·         “dalam tasawuf, teori bukan yang terpenting...yang terpenting adalah adanya transformasi jiwa (perubahan bentukmkearah yang lebih baik)
·         Terinspirasi dari seorang al-kemmy , (aplikasi dari chemistry,)  yaitu tentang konsep transmutasi yaitu proses perubahan besi menjadi emas, batu jadi intan
·         Menurut jalaludin rumi, untuk transformasi jiwa tidak dengan fiqh dan ilmu kalam, nantinya hanya menjadi formal, tetapi transformasi jiwa bisa dilakukan dengan tasawuf. Karna dalam tasawuf ada mujahadah dan maqamat.
·         Tujuan tasawuf : adalah taqaruub ilallah..
·         Maqamat yang pertama adalah taubat,
·         Al-ghazali fokus di hati....menurut al-ghazali bahwa realitas hati yang terdalam adalah ruh.
·         Ada yang bilang bahwa jiwa hanya satu , tidak dibagi bagi...tetapi kenapa ada istilah akal, ruh, nafsu dan hati (menurut naquib al-attas)
·         Jika jiwa melakukan tafakkur dan tadabbur maka itu akal
·         Jika jiwa mengarahkan kepada allah, maka itu disebut ruh...
·         Ketika jiwa ingin menggunakan badan, tubuh , maka itu disebut nafsu...
·         Tetapi jiwa yang sama menerima hidayah, ilham dari allah maka itu disebut hati....
·         Ibnu sina : dikatakan  jika masih dalam badan maka dikatakan nafsu, jika sudah berpisah dengan badan dinamakan akal...
·         Menurut abdurrazaq al;kasyani (1335) bahwa manusia terbuat dari tanah (turob/tin) kemudian ditiupkan ruh.
·         Allah – ruh – qolb – nafs – turob
·         Mkanya qolb ada ditengah tengah , qolb artinya..bolak balik..
·         Kalau qolb cenderung ke atas maka dinamakan akal dan jika qolb ke bawah maka dinamakan sodr
·         Hati, diri dan jiwa : robert prazer (mursid)
·         Psiklogi sufistik hanya fokus pada 3 bahasan utama, yaitu : hato (qolb), diri (nafs), jiwa (ruh). Dan ini terbagi lagi kebeberapa bagian : seperto nafsu 7 tingkat, qolb 4, dan jiwa 7.
·         Tingkatan nafs............ada 7 :
·         Penyakit itu karena 2: terlalu sedikit/banyak makan, atau terlalu sedikit/banyak gerak
·         Nafsu terbagi menjadi 7dari yang terendah : annafs al-ammarah, annafs allawwamah, annafsal-mulhamah, annafs al-mtmainnah, annafs arradiyah, annafs al-mardiyah, annafs al-mahdoh.
·         Ciri annafs alammarah tidak merasakan dia melakukan dosa. (ammar adalah selalu menyuruh untuk melakukan pekerjaan yang tidak baik).
·         Kalau lawwamah : ada penyesalan ketika melakukan dosa tetapi tidak kuasa meninggalkannya dan kembali lagi. (seperti orang merokok yang tau tentang bahayanya tetapi tetap merokok), dibukakannya dunia spiritual
·         Mulhamah : ketika kita tidak tertarik lagi ketika kita ketagihan/keranjingan dosa (dia tidak tertarik lagi terhadap dosa) (contohnya : sudah tidak merokok lagi)
·         Menurut sufi, jika kita sudah dalam tahap mulhamah kita sudah dalam satu maqam dalam tingkatan tertetu, seperti bermimpi bertemu orang soleh, nabi..dll. dalam tahap ini harus ada mursyid...dengan mursyid bisa dipersingkat pencariannya...
·         Mutmainnah : kalau kita sudah dalam tahap benci terhadap dosa.....
·         Rodiayah : kita hadapi dengan senang kepada allah baik ketika ditimpa musibah atau mendapat rizki. Yaitu sudah ridho (merasa senang). (senang dalam penderitaan)
·         Mardiyah : seluruh pengabdiannya tidak lain hanya karena Allah senang. (kesenangan Allah)
·         Mahdoh : nafsu yang suci ... yang sudah fana (fanaul faa) sudah tidak ada lagi ego....
·         Apabila manusia sudah fana...maka dibukakan matanya oleh allah (tembus pandang)
·         Kalau kita melatih maka tidak hanya sebatas pandangan fisik aja yang dilihat...
·         Macam-macam hati : ........
·         Hati itu tempat cahaya tuhan, makanya dikatakan nurani...kenapa suka dikatakan tidak ada nurani, karena tertutup oleh dosa...
·         Penafsiran yang lain bahwa hati adalah baitullah. Maka kalau hati mau dikunjungi maka harus ditata dan dibersihkan.
·         Dan termasuk dosa besar adalah menghancurkan ka’bah maka dari menyinggung perasaan orang lain adalah sama dengan menghancurkan ka’bah. Maka dari itu orang sufi sangat hati-hati berbicara takut menyinggung perasaan orang lain.
·         Lub, fuad, qolb, sudur
·         Bersihkan diri dari keegoisan...
·         Mukasyapah : menyikap ta’bir/ tazkiyatunnafs
·         Lub yang sudah bersih akan menerima sinyal-sinyal dari langituh
·         Sedangkan jiwa terdiri dari 7 macam :
·         Arruh al-madani (jiwa mineral), arruh nabati (tumbuhan), al-hayawani, annafsani (egoistic), alinsani (humanistik), sir (rahasia), sirrul asror (rahasia dari segala rahasia)
·         Psikologi sufistik...membahas masalah tuh diatas.
·         Hasa basri (abad 2) 174 m. Azzunun al-misri dan rabiah adawiyah (801 M)
·         Jaman nabi memang tidak ada tasawuf, benihnya ada tetapi prakteknya berkembang setelah itu, sama seperti fiqh dan hadits zaman nabi, juga tidak ada, ilmu itu berkembangnya setelah itu.  Jangankan itu bahasa arab dan nahwu shorof saja baru ada setelah rasulullah yaitu semenjak zaman ali bin abi tholib.
·         Tujuan utama tasawwuf adalah taqorrub illaallah. (waiza saalaka ibadi anni fainni qoribun) (wananhu aqrubu ilaihi min hablilwarid) dan cinta
·         Abu hasan annuri pernah ditangkap bahwa tadi malam saya sedang berduan dengan allah.
·         Dasar cinta didalam alqur’an ada (in kuntum tubunallah fattabiuni yuhbibkumullah) dimungkinkan cinta timbal balik antar tuhan dan manusia
·         Allah mengasih kita walaupun kita tidak memintanya seperti matahari, hujan, udara dan lain-lain. Dan terkadang manusia tidak bersyukur. (lain syakartum laazidannakum walain kafartum inna adzabi lasyadin) (waqolilum min ibadiyassyakur)
·         (kuntu kanzan mahfiyan)
·         Manusia itu adalah buahnya (menurut jalaludin rumi)
·         Orang mu’min sejati adalah (idza tuliyat alaihi ayatuhu)kita dikatakan cinta kepada allah yaitu sampai kita mendengar kata allah hati kita bergetar begitu juga kalau kemana saja kita ingat allah swt
·         Ada sinyal dalam alqur’an dan hadits yang mendukung adanya tasawuf
·         Yang selanjutnya adalah maszhab psikologi filosofis
·         Buddu al-Arif (1268) berbicara, akal, tingkatan jiwa, bukti-bukti rasional keberadaan jiwa , immaterialiatas jiwa, indivisibilitas jiwa, dimanakah jiwa sebelum turun ke lauh mahfuzh (qobla hululiha ila jasad), masuknya jiwa kedalam tubuh, tubuh dan indra, imajinasi, daya pikir, memori, insting, pembagian jiwa, berpisahnya jiwa dari badan, nasib jiwa setelah kematian (keabadian jiwa), immurtalitas jiwa, kebahagiaan dan penderitaan.
·         (PSIKOLOGI ISLAM DALAM SEJARAH) PSIKOLOGI RELIGIUS, PSIKOLOGI SUFISTIK DAN PSIKOLOGI FILOSOFIS.
·         Tidak ada tasawuf modern dsb, tetapi tasawuf adalah jawaban dari pada permasalahan spriritual sepanjang jaman. Kalau yang dijawab tantangan modern maka disebut tasawuf modern dan itu sebenarnya tidak ada.
·         Jangan mengetahui taswuf dengan satu teori saja. Seperti zuhud. Zaman dulu menjauhi materi karena penguasa sangat berlebihlebihan dengan dunia. Seprrti ibrohim adham yang memang kaya raya, kalau saat ini kita tidak ada harta tetapi malah disuruh menjauhi harta.
·         Sufi itu tidak mesti kaya miskin yang pasti harta tidak ada dihati
·         (Azzahid  inddannas....)
·         Abah anom selalu menyembelih kambing setiap hari..bukan uang yang dia cari tetapi uang yang mencarinya.
·         Islam itu dulu sangat kaya sekali dalam 2 abad sudah menguasai kerajaan persia, mesir, dsb dan raja –raja itu menjadi sangat kaya...orang-orang soleh tau bahwa tidak boleh mencintai dunia seperti raja raja itu.
·         Jalaludin rumi : sufi itu bukan orang yang lemah (disimbolkan seperti burung rajawali), bukan seperti burung-burung yang kecil. Sufi itu seperti singa, bukan seperti binatang2 lain yang memakan sisanya. (ketika menyemagati kaum sufi untuk berjuang melawan mongolia hulagu khan)
·         Jalaludin rumi : sebarlah bibit baru bartawakkal kepada Allah,
·         Jalaludin rumi : keutamaan akhlak harus dilaksanakan ditengah masyarakat bukat di dalam gua. Bagaimana kamu mengamalkan kesabaran kalau didalam gua.
·          

Postingan populer dari blog ini

Kun Ma'allah

Sejarah Dzikrul Ghofilin

CERAMAH HAUL DAN KEHARUSAN BERGURU