Kuliah Psikologi Pendidikan Islam
MULYADI KARTANEGARA (087774441959)
o
Berlian dari negeri rumi, à Renungan mistik jalaludin rumi (skripsi pak mulyadi)
o Doktor itu awal
dari segalanya, seperti supir mendapatkan sim, adalah awal untuk menyupir,
selanjutnya adalah menyupir sendiri tanpa bimbingan
o Buku-bukunya :
a) 1986, renungan mistik jalaludin rumi, skripsi b) sejarah filsafat Islam, c)
1995, mukhtasor siwan al-hikmah (disertasi), d) 2000, mozaik khazanah Islam, e)
2002, the venture of Islam, f) menembus batas waktu, g) 2003, mengubah tirai
kejahilan, h) 2004, jalaludin rumi, guru
sufi, penyair agung, h) 2005, integrasi ilmu, i) seni mengukir kata , kiat kita
menulis aktif dan kreatif, j) the best chiken soup of the philosopy, k) 2006,
gerbang kearifan(sebuah pengantar filsafat Islam), l) 2006, menyelami lubuk
tasawuf, m) 2007, mengislamkan nalar, n) 2007, nalar religius, o) islam, bagi
yang pengen tau, p) rasa’il ikhwan
asshafa, q) 2009, sains dan matematika dalama islam, r) 2010, etika, filsafat
islam dan tasawuf, s) 2011, pengantar studi Islam, t) 2012, pengantar psikologi
islam
o
PENGANTAR : SEKULARISASI SAINS MODERN
o Sekularisasi adalah Penyingkiran hal-hal yang
empiris dari arena sains
o Fase primitif
(agama), Fase metasfisik (aqal), fase empiris (sains)
o Matter à materi à astrofisika - - laplace
Lifeà kehidupan à biologi -- darwin
Mind à pikiran à psikologi – freud
Culture à kebudayaan à sosiologi -- durkhein
o Aristoteliar
= Efficient, material, formal, final
o (biologi)
natural selection (darwin) ... seperti jerapah tinggi sendiri karena tumbuhan
semakin tinggi, dll
o (psikologi)
Tuhan itu diciptakan oleh manusia. (freud) ini ilusi...karena mengganggap
manusia kecil dan kerdil maka mengilusikan sesuatu yang besar dan kuat. Dan
ilusi ini yang mengciptakan adalah manusia. Dari pada begitu...maka hadapilah
dunia dengan gagah dan berani... agama sebagai ilusi akan ditinggalkan oleh
masyarakat modern karena banyak diagama yang sifatnya ilusi.. (prediksi freud
dan meleset)
o (sosiologi)
untuk memahami manusia harus memahami hewan dulu, untuk memahami masyarakat
modern maka harus memahami masyarakat primitif dulu. (durkhain) jadi... Tuhan
itu adalah masyarakat...
o Allah itu
dikenal dengan ayat-ayatnya: ayat qauliyah dan ayatkauniyah
o Pencopotan
atribut suci dari pada selain allah = sekurasasi selain Allah
o Sufi : allah
adalah kekasih maka Qur’an adalah surat cinta dari sang kekasih...
o Makanya
memandang qur’an itu harus dengan cinta...
o Jalaludin rumi
: qur’an itu seperti perempuan yang memakai cadar... ia tidak akan membuka
cadarnya kecuali bagi yang ia cintainya....
o Frued
(psikologi analisa)
o ID (dorongan) ,
EG (kesadaran) , SE (super ego)—hati nuranI
o
SEKULARISASI PSIKOLOGI BIOLOGIS
o
Kata akal ada 6 arah mata angin selain itu tidak ada jalan
lain...tapi kata hati...saya sudah menjalani berkali-kali
o
Akal hanya mengantarkan sampai gerbagng tuhan, tetapi ketiika
sampai tuhan akal harus dihilanghkan karena dihadapan tuhan tidak ada lagi apa
dan bagaimana
o
Hati lebih hebat dari akal, tetapi melawatinya dengan akal..
o
Kalau akal masih mencari unta untuk ke ka’bah tetapi hati sudah
bertawaf di ka’bah (jalaludin rumi)
o
Kondisi jiwa dipengaruhi oleh badan.
o
Psikologi bisa berkembang maka lihatlah manusia bagian dari benda –
benda yang lain di dunia
o
Sekularisasi psikologi : 1. Perspektif biologis, 2. Bevahiorist, 3.
Pssyhonalisist, 4. Cognitive, 5, humanistik, 6. Transporsonal
o Stimulus
respon....
o Jiwa mineral, Jiwa
nabati, jiwa hewani, jiwa nafsani, jiwa insani/humanistik, jiwa sir, sirr
al-asror (robert frazer—heart, self and soul)—dipakai dalam tarekat
naqsabandiyah
o Hati (sudur,
qolb, fuad, lub) , akal, ruh, nafs
o Alam ini diatur
oleh matematik “lita’lamu adadasinina wal hisab” ... berarti matematik bukan
hanya dipikiran saja tetapi empirik juga..
o Seruling itu
mencerminkan diri kita...
o “yusabbihu ma
fi sama wati wa ma fi’iard. ...pasti di langit ada makhluk..
o Ibnu arabi :
dunia ini adalah banyangan Tuhan...
o Ammarah(masih
berbuat dosa), lawwamah(mau melepaskan dosa tapi berontak hatinya),
mulhamah(melepaskan dosa), mutmainnah (tidk tertarik lagi tapi benci)
o
Kuliah
22/01/2012
·
Nujum, falaq, kawakib
·
Ahkamunnujum : astrologi
·
Seluruh alam punya jiwa...alam insan kabir... sampai batu punya
jiwa....samapi air, mineral punya jiwa...buktinya batu berubah jadi intan...dan
warna warni batu dari spiritual nya planet planet ... emas pengaruh spritual
matahari ... yang putih dari bulan...merah dari mars..safir dari venus.....
·
Akhlak manusia bisa dipengaruhi dimaa ia lahir, dan ada yang
tertanam dari pembawaan, seperti tabiatnya berani atau sabar atau dermawan.
Tetapi manusia ada iktiyar...(bilmalakah)...bisa dilatih...makanya pentingnya
pendidikan....
·
Apa bedanya tumbuhan dengan batubatuan/ mineral ...
·
Tumbuhan..bisa makan, bisa tumbuh dan bisa berkembang biak ...
·
“kuntu ma...faahbabtu....”
·
Alam dicipta dengan cinta....
·
Langit berputar dengan gelombang cinta...
·
Evolusi manusia dari hal-hal yang terbaik dari hewan.....dan
diciptakan dengan cinta tuha
·
Keistimewaan hewan...yaitu indera dan gerak...
·
Indera ada 10. Ada indra lahir dan ada indra bathin. Menurut ibnu
sina : indra bathin, fantasi (kemampuan menangkap bentuk tapi tidak bisa melestarikan) (alhis almustarak/camaensen), khayal (menangkap
dan melestarikan bentuk fisik), imajinasi (mutakhayyilah), wahmun (estimasi),
hafizah (memori)
·
Kemampuan manusia itu menuju fisik ke non fisik...
·
Tujuan filsafat adalah melepas dari bentuk materi....
·
Wahmu itu...kerbau lebih besar dari serigala...tetapi dalam wahmun
kita serigala lebih menakutkan dari kerbau....
·
Gerak menuju objek atau gerak atau menjauh dari objek itu
tergantung dari estimasi....
·
Gerak (harokah) adalah posisi untuk berpindah meninggalkan
tempat...
·
Dorongan yang menuju objek (namanya shahwat) sedangkan dorongan
jiwa untuk menjauh disebut ghodobiyah.
·
10 indera yang dimiliki hewan...
·
Manusia memiliki semua jiwa yang ada dibawahnya.....makanya disebut
mikrokosmos (a’lam shogir)
·
Kelebihan yang dimiliki manusia adalah akal...
·
Makanya manusia di sebut hayawan natiq (hewan yang bisa berbicara).
·
Intuisilah yang terjadi percakapan anatar sulaiman dan semut
·
Alam muluk, alam malakut, alam jabarut, alam lahut, alam hahut
·
Alam fisik, alam misal, alam spiritual
·
Prinsip mimpi itu adalah senang
·
Malakut itu adalah misal....
·
Hikmah itu adalah ilmu filsafat
·
Nga semua bisa dipahami dengan hati...
·
Mimpi kazib adalah mimpi yang kemudian kita lupa, tapi kalau shodiq
biasanya kita ingat mimpinya lama, karena mimpi shodiq itu berita sebagai ilham
·
Ibnu sirrin, enslikopedi mimpi...
·
Alam mitsal itu melihat fisik tapi sebenarnya bukan fisik.
·
Qur’an yang belum ada suara dan huruf dilauhilmahfuz dibawa ke alam
mitsal difisikkan....
·
Psikologi : jiwa manusa dibahas dalam fisik, teoritis dan rasional,
tetapi jika sudah lepas daritubuh maka menjadi metafisisk, teori, dan rasional.
·
Allah – ruh --- qolb --- nafs --- tin (tanah)
·
Halaman 172 ..pendidikan dasar ibnu sina --- 6 s/d 10 tahun
al-Qur’an dan sastra arab, 10 tahun menghafal al-qur’an kemudian 10 tahun
bvelajar aritmatik. 10 – 16 tahun belajar hukum dan sudah mempraktekkan sebagai
qodhi dan sudah bisa berdebat masalaha hukum, logika/filsafat/ madkhol ilal
mantiq/ belajar juga matematik/ kedokteran/ fisika/metafisika/ . 16 s/d 17 ½
tahun , mempelajari terperinci ilmu-ilmu filsafat, (logika, matematik, fisika
dan metafisisk, dengan bantuan dari al-farabi), 18 tahun diangkat jadi dokter
istana kemudian dia membaca semua buku diperpustakaan. Menulis ahwalnafs.
·
Muhammad aljabiri menulis 40 lembar dalam 40 tahun.
·
Ilmu agama yang dicari adalah kebenaran, yaitu allah
·
Yang kita ketahui adalah sesuatu
·
Mengetahui kebenran dari ayat qouliyah dan kauniyah.
·
Ilmu qouliyah melahirjkan ilmu agama dan dari ilmu kauniyah adalah
alam. Alam ini adalah ayat-ayat allah.
·
Al-jahiz menulis al-hayawan....bahwa alhayawa adalah cabang dari
ilmu agama.
·
“faman sya’a fal yu’min wan sya’a falyakfur
·
Kenapa kita memahami alam bukan karena dari allah.
·
PSIKOLOGI ISLAM SKRIPTUAL (RELIGIUS)
·
MAZHAB psikologi islam: 1. Religius, 2. Sufistik, 3. filosofis
·
Akal itu bukan substansi tapi fungsi dari qolb. Karena dalam
al-qur’an tidak ada kata aqal yang ada hanyalah aqal dengan menggunakan fi’il
mudori
·
Mazhab religius : ibnu hazm, ibnutaymiyah, ibnu qayyim.
·
Ketiga mazhab sependapat bahwa jiwa bisa survive setelah kematian
·
Jiwa memiliki wujud sebelum menyatu dengan fisik. Tetapi jiwa tersiksa ketika menyatu dengan
fisik, seperti menyatu dengan lumpur,
karena sibuk dengan tubuh, jiwa lupa... jika jiwa terbebas dari tubuh
maka jiwa akan nampak benning.
·
Menurut ibnu hazm : motif manusia adalah Menghindar dari kecemasan,
tetapi tidak ada yang bisa menghindarikan itu bagi yang bersandarkan pada Allah
·
Menurut ibu hazm Jiwa dan ruh, nafs adalah sama
·
Jiwa bukan substansi tetapi ia melekat dengan yang lain’
·
Substasi (jauhar), aksiden (arad)
·
Ibnu hazm pengeritik
aristoteles
·
1165 meninggal ibnu hazam 1350
·
Epistemologi qur’ani ....
·
Yang berpikir itu bukan akal tetapi hati....
·
Ibnu hazam ....keyakinan keabadian jiwa....
·
Ibnu hazam adzahiriyyah...
·
Roh dengan nafsu sama........
·
Ibnu taymiyah = mengkritik tasawut
·
Jiwa bukan fisik tapi juga bukan esensi
·
Mungkin diakhirat ada fisik yang lain, yaitu fisik imaginer....
·
Siksaaan kubur...allati tatoliu alalafidah....yaitu sengasara di
dalam hati
·
Jiwa berdiri sendiri....
·
Ruh diartikan jiwa...
·
Ruh yang mengatur badan dan yang survive setelah kematian
·
Ruh disebut jiwa karena mengatur badan, dan disebut ruh karena
jiwanya tang lembut,
·
Ruh berdiri sendri (jauhar mujarrad)
·
ibnu qayyim
·
Jiwa adalah sbstansi atau jasad
·
Teapai ia bukan tubuh
·
Jiwa juga bukan angin, dan tidak memiliki ruang, panjanh lebar,
warna,
·
Dia mnegalir dalam tubuh sepert minyak zaitun dan api dalam kayu
bakar.
·
Jiwa itu satu dan memiliki tiga sifat. Nafsu ammarah , nafsu yang
menyuruh berulang ulang, nafsu lawwamah, selalu ragu untuk melepasnya atau
mengerjakannya, nafsu mutamaiinnah, ketenangannya dalam beribadah.
·
Adapaun tujuannnya adalah mencapai nafsu mutmainnah
·
Hati adalah raja yang menggunakan seluruh alat tubuh
·
Ghazalki : hati, akal, nafsu
·
Hati adalah raja, akal: perdana mentri, dan nafsu kuda dan tubuh
delman
·
Nafsu dimanage jangaan dibunuh...
·
Hati disini adalah main, atau pikiran atau lubb.
·
Tempat akal bukan diotak, tetapi dihati, cabang buahnya baru ada di
otak.
·
The unity of al-Qur’an Dr. Amir faisol
Kuliah
05/02/2012
·
Agar dapat menulis dengan mudah, kuncinya satu, yaitu :
“Cinta”...nanti akan banyak inspirasi....
·
Mazhab psikologi islam yang pertama adalah sufistik dan filosofis
·
Psikologi – fisika – teoritis – rasional
·
Psikologi – metafisik – teoritis – rasional
·
Psikologi skriptual, tokohnya : ibnu hazm, ibnu taymiyyah, ibnu
qayyim
·
“dalam tasawuf, teori bukan yang terpenting...yang terpenting
adalah adanya transformasi jiwa (perubahan bentukmkearah yang lebih baik)
·
Terinspirasi dari seorang al-kemmy , (aplikasi dari
chemistry,) yaitu tentang konsep
transmutasi yaitu proses perubahan besi menjadi emas, batu jadi intan
·
Menurut jalaludin rumi, untuk transformasi jiwa tidak dengan fiqh
dan ilmu kalam, nantinya hanya menjadi formal, tetapi transformasi jiwa bisa
dilakukan dengan tasawuf. Karna dalam tasawuf ada mujahadah dan maqamat.
·
Tujuan tasawuf : adalah taqaruub ilallah..
·
Maqamat yang pertama adalah taubat,
·
Al-ghazali fokus di hati....menurut al-ghazali bahwa realitas hati
yang terdalam adalah ruh.
·
Ada yang bilang bahwa jiwa hanya satu , tidak dibagi bagi...tetapi
kenapa ada istilah akal, ruh, nafsu dan hati (menurut naquib al-attas)
·
Jika jiwa melakukan tafakkur dan tadabbur maka itu akal
·
Jika jiwa mengarahkan kepada allah, maka itu disebut ruh...
·
Ketika jiwa ingin menggunakan badan, tubuh , maka itu disebut
nafsu...
·
Tetapi jiwa yang sama menerima hidayah, ilham dari allah maka itu
disebut hati....
·
Ibnu sina : dikatakan jika
masih dalam badan maka dikatakan nafsu, jika sudah berpisah dengan badan
dinamakan akal...
·
Menurut abdurrazaq al;kasyani (1335) bahwa manusia terbuat dari
tanah (turob/tin) kemudian ditiupkan ruh.
·
Allah – ruh – qolb – nafs – turob
·
Mkanya qolb ada ditengah tengah , qolb artinya..bolak balik..
·
Kalau qolb cenderung ke atas maka dinamakan akal dan jika qolb ke
bawah maka dinamakan sodr
·
Hati, diri dan jiwa : robert prazer (mursid)
·
Psiklogi sufistik hanya fokus pada 3 bahasan utama, yaitu : hato
(qolb), diri (nafs), jiwa (ruh). Dan ini terbagi lagi kebeberapa bagian :
seperto nafsu 7 tingkat, qolb 4, dan jiwa 7.
·
Tingkatan nafs............ada 7 :
·
Penyakit itu karena 2: terlalu sedikit/banyak makan, atau terlalu
sedikit/banyak gerak
·
Nafsu terbagi menjadi 7dari yang terendah : annafs al-ammarah,
annafs allawwamah, annafsal-mulhamah, annafs al-mtmainnah, annafs arradiyah,
annafs al-mardiyah, annafs al-mahdoh.
·
Ciri annafs alammarah tidak merasakan dia melakukan dosa. (ammar
adalah selalu menyuruh untuk melakukan pekerjaan yang tidak baik).
·
Kalau lawwamah : ada penyesalan ketika melakukan dosa tetapi tidak
kuasa meninggalkannya dan kembali lagi. (seperti orang merokok yang tau tentang
bahayanya tetapi tetap merokok), dibukakannya dunia spiritual
·
Mulhamah : ketika kita tidak tertarik lagi ketika kita ketagihan/keranjingan
dosa (dia tidak tertarik lagi terhadap dosa) (contohnya : sudah tidak merokok
lagi)
·
Menurut sufi, jika kita sudah dalam tahap mulhamah kita sudah dalam
satu maqam dalam tingkatan tertetu, seperti bermimpi bertemu orang soleh, nabi..dll.
dalam tahap ini harus ada mursyid...dengan mursyid bisa dipersingkat
pencariannya...
·
Mutmainnah : kalau kita sudah dalam tahap benci terhadap dosa.....
·
Rodiayah : kita hadapi dengan senang kepada allah baik ketika
ditimpa musibah atau mendapat rizki. Yaitu sudah ridho (merasa senang). (senang
dalam penderitaan)
·
Mardiyah : seluruh pengabdiannya tidak lain hanya karena Allah
senang. (kesenangan Allah)
·
Mahdoh : nafsu yang suci ... yang sudah fana (fanaul faa) sudah
tidak ada lagi ego....
·
Apabila manusia sudah fana...maka dibukakan matanya oleh allah
(tembus pandang)
·
Kalau kita melatih maka tidak hanya sebatas pandangan fisik aja
yang dilihat...
·
Macam-macam hati : ........
·
Hati itu tempat cahaya tuhan, makanya dikatakan nurani...kenapa
suka dikatakan tidak ada nurani, karena tertutup oleh dosa...
·
Penafsiran yang lain bahwa hati adalah baitullah. Maka kalau hati
mau dikunjungi maka harus ditata dan dibersihkan.
·
Dan termasuk dosa besar adalah menghancurkan ka’bah maka dari
menyinggung perasaan orang lain adalah sama dengan menghancurkan ka’bah. Maka
dari itu orang sufi sangat hati-hati berbicara takut menyinggung perasaan orang
lain.
·
Lub, fuad, qolb, sudur
·
Bersihkan diri dari keegoisan...
·
Mukasyapah : menyikap ta’bir/ tazkiyatunnafs
·
Lub yang sudah bersih akan menerima sinyal-sinyal dari langituh
·
Sedangkan jiwa terdiri dari 7 macam :
·
Arruh al-madani (jiwa mineral), arruh nabati (tumbuhan),
al-hayawani, annafsani (egoistic), alinsani (humanistik), sir (rahasia), sirrul
asror (rahasia dari segala rahasia)
·
Psikologi sufistik...membahas masalah tuh diatas.
·
Hasa basri (abad 2) 174 m. Azzunun al-misri dan rabiah adawiyah
(801 M)
·
Jaman nabi memang tidak ada tasawuf, benihnya ada tetapi
prakteknya berkembang setelah itu, sama seperti fiqh dan hadits zaman nabi, juga
tidak ada, ilmu itu berkembangnya setelah itu.
Jangankan itu bahasa arab dan nahwu shorof saja baru ada setelah
rasulullah yaitu semenjak zaman ali bin abi tholib.
·
Tujuan utama tasawwuf adalah taqorrub illaallah. (waiza saalaka
ibadi anni fainni qoribun) (wananhu aqrubu ilaihi min hablilwarid) dan cinta
·
Abu hasan annuri pernah ditangkap bahwa tadi malam saya sedang
berduan dengan allah.
·
Dasar cinta didalam alqur’an ada (in kuntum tubunallah fattabiuni
yuhbibkumullah) dimungkinkan cinta timbal balik antar tuhan dan manusia
·
Allah mengasih kita walaupun kita tidak memintanya seperti
matahari, hujan, udara dan lain-lain. Dan terkadang manusia tidak bersyukur. (lain
syakartum laazidannakum walain kafartum inna adzabi lasyadin) (waqolilum min
ibadiyassyakur)
·
(kuntu kanzan mahfiyan)
·
Manusia itu adalah buahnya (menurut jalaludin rumi)
·
Orang mu’min sejati adalah (idza tuliyat alaihi ayatuhu)kita
dikatakan cinta kepada allah yaitu sampai kita mendengar kata allah hati kita
bergetar begitu juga kalau kemana saja kita ingat allah swt
·
Ada sinyal dalam alqur’an dan hadits yang mendukung
adanya tasawuf
·
Yang selanjutnya adalah maszhab psikologi filosofis
·
Buddu al-Arif (1268) berbicara, akal, tingkatan jiwa, bukti-bukti
rasional keberadaan jiwa , immaterialiatas jiwa, indivisibilitas jiwa,
dimanakah jiwa sebelum turun ke lauh mahfuzh (qobla hululiha ila jasad),
masuknya jiwa kedalam tubuh, tubuh dan indra, imajinasi, daya pikir, memori,
insting, pembagian jiwa, berpisahnya jiwa dari badan, nasib jiwa setelah
kematian (keabadian jiwa), immurtalitas jiwa, kebahagiaan dan penderitaan.
·
(PSIKOLOGI ISLAM DALAM SEJARAH) PSIKOLOGI RELIGIUS, PSIKOLOGI
SUFISTIK DAN PSIKOLOGI FILOSOFIS.
·
Tidak ada tasawuf modern dsb, tetapi tasawuf adalah jawaban dari
pada permasalahan spriritual sepanjang jaman. Kalau yang dijawab tantangan
modern maka disebut tasawuf modern dan itu sebenarnya tidak ada.
·
Jangan mengetahui taswuf dengan satu teori saja. Seperti zuhud.
Zaman dulu menjauhi materi karena penguasa sangat berlebihlebihan dengan dunia.
Seprrti ibrohim adham yang memang kaya raya, kalau saat ini kita tidak ada
harta tetapi malah disuruh menjauhi harta.
·
Sufi itu tidak mesti kaya miskin yang pasti harta tidak ada dihati
·
(Azzahid inddannas....)
·
Abah anom selalu menyembelih kambing setiap hari..bukan uang yang
dia cari tetapi uang yang mencarinya.
·
Islam itu dulu sangat kaya sekali dalam 2 abad sudah menguasai
kerajaan persia, mesir, dsb dan raja –raja itu menjadi sangat
kaya...orang-orang soleh tau bahwa tidak boleh mencintai dunia seperti raja
raja itu.
·
Jalaludin rumi : sufi itu bukan orang yang lemah (disimbolkan
seperti burung rajawali), bukan seperti burung-burung yang kecil. Sufi itu
seperti singa, bukan seperti binatang2 lain yang memakan sisanya. (ketika
menyemagati kaum sufi untuk berjuang melawan mongolia hulagu khan)
·
Jalaludin rumi : sebarlah bibit baru bartawakkal kepada Allah,
·
Jalaludin rumi : keutamaan akhlak harus dilaksanakan ditengah
masyarakat bukat di dalam gua. Bagaimana kamu mengamalkan kesabaran kalau
didalam gua.
·