Kuliah Falsafat Ilmu
Prof. Dr. H. AHMAD TAFSIR
Mulai Kuliah Tanggal 24 September 2011
·
Jenis
Pengetahuan Epsitemologi ontologi
aksiologi
Sains x
(Baca dibuku) x x
Filsafat x x x
Mistik/ Agama x x x
·
‘Illal
mukhlashin
·
Dikirimkan
1000 malaikat sampai 5000 malaikat
·
Dalailulkhoirot
jika dibaca terus bisa dapat rezeki
·
Apa betul
orang bisa kebal --- jadi epistimologi dulu yang dicari bukan langsung
aksioligi seperti muhammadiyah debus khurafat atau persis, debus musyrik
·
Khan : yang
disebut rasional adalah hukum alam
·
Khan :
menyelesaikan masalah bukan dengan berpikir rasional
·
Logis terbagi
dua; logis rasional dan logis supra rasional
·
Jin kafir itu
kuat karena mendapat kuasa dari Allah, “silahkan....illal mukhlasin” (silahkan,
tetapi kamu tidak akan mampu menantangnya kecuali orang mukhlas”
·
Ikhlas :
datang dan pergi... sama, dipuji dihina...sama
·
Kalau
diislam, agama ada di sains, filsafat dan mistik/agama
·
Kalau
seseorang menyadari “kehambaan”nya jangan haji dulu
·
Ujung
shadaqah di sorot dari tasawuf : bahwa datang dan perginya sama
·
Lan
tanalulbirra hatta tunfiqu mimma tuhibbun...(datang dan perginya sama)
·
Sholat :
dipuji dan dihina sama. Menghilangkan kesombongan.
·
Kalau
penyucian jiwa harus pakai mursyid “ tazkiyatunnafs”
·
Dasar
pemikiran sekularisme barat; agama tidak boleh ditolak, tapi sains dan filsafat
bisa diperdebatkan
·
Mulai kapan
sekularisme di barat?
·
Barat sudah
pernah menjadi negara agama? Ketika gereja memutuskan bumi datar
·
Seni untuk
seni
·
Egality,
frotenity, liberty
·
Dieropa tabu
jika ditanya agama, istri, anak dan umur
08/10/2011
·
Rasional =
hukum alam
·
Tuhan harus
ada, karena banyak sekali permasalahan didunia ini yang tidak bisa terpecahkan,
maka kalau tidak ada tuhan tidak rasional
·
Benar itu
tidak salah
·
Apa itu
benar?
1. Bener menurut rasionalisme
2. Benar menurut empirisme
3. Benar menurut teori otoritas
4. Kebenaran menurut pragmatisme
·
..makanya
orang filsafat tidak pernah meributkan masalah “kebenaran”
·
keBenaran menurut koherensik dan korespedensik,
kebenaran a priori (kebenran yang tidak
perlu di buktikan seperti segitiga tidak sama dengan lingkaran) dan apostriori
(kebenran yang memerlukan pembuktian, kebenran yang berubah, rubah seperti kita
menanam cabai, dua bulan lagi menunai dengan rasa pedas, tetapi beda dg 1000
tahun lagi, jadi kebenrannya menunggu bukti.
·
menurut ibnu
sisa yang kekal bukan hanya tuhan tetapi kebenaran a priori itu juga kekal. Makanya ibnu sina
dikafirkan oleh al-ghazali
·
usahakanlah
ajaran agama islam itu diajarakan sesuai dengan kebenaran a priori
·
dapatkan kita
menyusun argumen “ agar nabi muhammad itu rasulullah”? begitulah kebenaran a
priori.
·
Jadi dalam
berdakwah harus yakin, (kebenaran a priori). Tdak boleh ada “barangkali atau
mungkin”. Karena bagaimana kalau pendakwahnya tidak yakin...pasti pendengarnya
juga tidak yakin
·
Pengantar
filsafat setelah itu filsafat ilmu setelah itu filsafat ilmu pendidikan setelah
itu baru pelajari ilmu pendidikan
·
Kenapa
sekarang ada aliran ekstrim? Karena mereka belajar agama tidak sistematis
·
Rasional dan
empiris adalah positivisme
·
Apa itu
berpikir kritis? (critiism, critique)
·
Kristis itu
Mencurigai suatu pendapat, tidak tidak dan tidak ia. (ia tidak mudah percaya)
·
Scepticisme,
agnosacisme
·
pikirkanlah
allah itu melalui ciptaannya.
(memikirkan ibu memasak melalui masakannya)
·
ada kritis, kritik
dan krisis
·
kritik
biasanya menanyakan “hubungan” sebab akibat”
·
kritik
biasanya menyangkut masalah yang abstrak
·
esensi kritis
itu tidak percaya begitu saja
·
jadi kalau
mau buat proses belajar buat mahasiswa membuat tidak ia dan tidak tidak agar
mahasiswa kritis.
·
emosional
membuat orang menjadi tidak kritis
·
bila sudah
iya atau tidak maka proses berfikir berhenti.
·
Alat kritis
itu ada dua : Kemampuan kegunaan bahasa dan menguasai teori-teori ilmu
·
Mengetahui
kritis...kalau dia bisa menyebutkan dan memberi contoh,Kalau dia sudah bisa
membandingkan dengan yang lain, faham dan dia bisa melakukan kritik
·
Analisis itu
mengkategorikan , menyebutkan, memberikan contoh, membandingkan, mencari sebab
akibat
·
Kehebatan
manusia bukan hanya karena kemampuan berfikir tetap kemampuan berbahasa, dan
bahasa itu ada kaitannya dengan logika
·
Ciri orang
terpelajar dilihat dari bahasa, maka hati hatilah berbahasa.
22/10/2010
·
Kita
mennganggap islam bagus, tapi masalahnya
jika dikita disuruh ngurus negara nga beres,
ngurus ekonomi nga beres. Maka barat nga percaya!
·
Sains,
filsafat, agama = ilmu menurut barat, sedangkan islam:
Allah à iqra àalqur’an dan al-kaun
Teori adalah : suatu pernyataan
Teori : pendpata yang bealasan, argumentatif
Teori agama : pendapa yang punya dalil
Teori filsafat : pendapat yang mempunyai argumentatif
Teori ilmiah : pendapat antar hubungan antar variabel
Teori itu ketika kita mendengar kita merespon (seperti
mengajar murid lebih sedikit itu lebih mudah, telur itu banyak sumber
kesehatan) beda dengan khabar, berita (nama saya ahmad tafsir, atau pergi
kebandung 2,5 jam)
Dalam pendidikan karakter disebutkan 1 teladan lebih baik
dari seribu ucapan
As-sukut adzdzahab
Iman tidak bisa dicapai dengan metode ilmiah
Teori itu gunanya untuk membaca fenomena
è
Teori dan
kegunaannya
Metode ilmiah ganya
berlaku pada bidang sains tidak dalam kajian filsafat
Kebenaran mitos itu
menurut orang barat lebih nyata dibanding kebenaran agama
1.
Kebenaran
rasionalisme
2.
Kebenaran
mitos
3.
Kebenaran
agama
4.
Kebenaran
empiris
Yang benar itu adalah yang rasional kemudian
ada bukti empirik
Hipotesis itu sebaiknya dari teori.....
Tuhan itu diperlukan oleh orang orang yang
teraniaya dan memerlukan bantuan karena tuhan itu harus ada.
Cara memperoleh kebenaran :
1.
Dengan cara
berpikir
2.
Dengan bukti
empirik
3.
Dengan
intuisi
Apakah logika tuhan itu sama dengan logika
manusia
Seperti “man jadda wa jadda” kan logika
manusia
Kuliah 12/11/2011
Fungsi falsafat ilmu : Untuk memberikan
argumen logis untuk pengembangan ilmu (lebih ke epsitimologi)
Apa artinya pengembanga ilmu ?
Pengembangan adalah perubahan kearah lebih
baik.
Cara membaca...yang pertama, anda ingin tahu
apa dulu? Seperti ingin tahu cara dagang, kesehatan reproduksi, dll
Isi buku 3 :
1.
Teori
2.
Penjelasan
teori
3.
Data yang
mendukung penjelasan teori
Teori ditandakan, dipisahkan ke buku/kartu.
Apa definis teori? Teori adalah pendapat yang beralasan. Kalau teori sains adalah pendapatan yang
logis, empiris. Kalau teori filsasafat yaitu pendapat yang beragumen logis.
Teori agama adalah pendapat yang berdalil.
Salah satu tanda ilmuawan adalah bertanggung
jawab pada definisinya.
Kalau belajar sejarah jangan tanyakan siapa tetapa mengapa? Seperti siapa presiden
pertama indonesia? (tidak menarik) tetapai kalau mengapa presiden pertama
soekarno? ( menarik)
·
Teori adalah
suatu pernyataan yang menghasilkan respon
·
Tuhan itu
berfikir logis atau tidak?
Menurut ilmu mantiq, tuhan itu pasti berpikir
logis.
Filsafat itu bukan segala-galanya, tetapi
kalau sudah harus berhenti .. maka harus berhenti. Kalau falsafat tidak bisa menjawab maka
dilanjutkan dengan cara berfikir tasawuf.
Voting itu memilih diantara yang benar. Bukan
benar dan salah.
Dalam islam itu tidak ada ajaran yang melawan
logika, tetapi kalau belum dipahami logika masih banyak. Tetapi di dalam ajaran
kristen banyak seperti lahir manusia dalam keadaan dosa dll.
Saat tasawuf maju, sains, filsafat dan seni
mundur dan diboyong ke eropa.
Kenapa dunia bisa sepert ini, karena mereka
jauh dari agama, tetapi antar umat beragama sering terjadi konflik maka
solusinya Pendidikan multikultur
Pengembangan “ilmu” berarti mengembangkan
teori. Apa itu pengembangan teori?
1.
Mengembangkan
teori
2.
Merivisi
teori
3.
Menemukan
teori baru tetapi menggati teori yang sudah ada. (seperti matahari mengitari
bumi)
4.
Membatalkan teori
lama
Air dicampur tuak, mabok. Air dicampur wisky
mabok, air campur bir...kalau begitu kesimpulannya air memabukkan. Kesimpulan
ini yang sering terjadi dimasyarakat. Seperti ini suara mayoritas, ini sudah
menurut nenek moyang kita, tetapi apa logikanya tidak dicari.
Masalah pokok manusia pada awalnya hanya tiga
:
Benar-salah à kemudian
menjadi logikaà Sains Rasional, Sains Sosial, Humainora
Baik-burukà kemudian
menjadi etika, akhlak
Indah-tidak indahà kemudian
menjadi seni
“Tidak semua
kebenaran bisa dijelaskan” seperti patah tulang bisa sembuh dengan jampe, atau
haramnnya babi.
26/ 11/ 2011
Ada kebenaran yang abadi seperti tuhan.
Seperti :
2 tidak sama dengan 3, 2
= 3
Tidak sama dengan
Harus mempelajari “ filsafat ilmu” setelah itu
“filsafat ilmu pendidikan” kalau harus mengembangkan ilmu pendidikan. Isinya apa aksiologi, epistimologi , onto
ilmu pendidikan.
Kalau dulu penelitian menghasilkan teori
dibiayai oleh khalifah, kalau dibarat oleh pengusaha kalau diindonesia
pengusaha tidak tertarik.
Dulu diteorikan bahwa pendidikan utama dirumah
tetapi apakah sekarang masih seperti itu? Dalam teori dulu kakek nenek tidak
bagus dalam mendidik anak! Bagaimana kalau sekarang ada teori kakek nenek yang
mendidik cucunya.
Teori adalah
Mencari penyebab fenomena dan mencari akibat dari penomena
Berkembang diiran bahwa tasawuf itu hanya
sebatas epistimologi.
Lebah saja bisa mendapat wahyu apalagi manusia
Antena 3 : antena
indera, antena akal dan antena kalbu. Ketiga antena ini untuk mengungkapkan
kebeanaran.
Saat ini antena kalbu terlalu pendek kabelnya.
Makanya imannya pendek. Iman itu kalau dipuji dan dicaci sama (indikatornya) . Melatihnya dengan riyadhoh.
Datang dan perginya materi sama (ini baru
imannya kuat/ sufi), melatihnya dengan shadaqah, zakat, infak
Sufi harus menghindari syubhat.
Tujuan akhir ini menjadi abid atau abdullah.
Manusia dari langit tetapi lahir dibumi,
makanya harus naik kelangit dan itu sulit. Betapa sulitnya meninggalkan daya
tarik bumi tetapi kalau sudah ada ditengah itu mudah untuk naik keatas. Makanya para nabi setiap malam naik kelangit
tetapi ketika pagi hari sudah ada dibumi untuk mengatur manusia , perang dan lain
sebagainya.
Haji itu amalan kehambaan. (mudah-mudahan
dimekah menemukan kehambaan).
Mukasyafah itu ditemui oleh antena 3. Karena
tuhan memberikannya ke dlomir atau kekalbu tidak ke akal, karena akal itu
sifatnya kritis, Cuma kalbu itu sulit diaktifkan.
Ada ilmu mukasyafah (ilmu untuk membuka
hijab), mukasyafah tidak perlu dipinta, bersihkanlah diri dengan istigfar.
Benci itu adalah penyakit jiwa (dari ilmu
psikologi), kalau benci itu ada unsur menderita bagi diri sendiri, lebih baik
dimaafin walaupun belum saya maafin.
Mulasadra : tafsir menggabungkan antara
filsafat dan tasawuf. Sebelum baca buku ini baiknya baca buku al-haairi, yang
berjudul ilmu al-huduri.
Orang saudi dan persis tidak percaya ilmu
huduri. Tapi kalau orang NU welcome.
Maka syiah itu bisa kuat diindonesia.
Teori pendidikan agama di rumah tangga
Untuk memunculkan tema : dibahas terlebih
dahulu; Tujuan, program, proses, evaluasi.
POLA ASUH RASULULLAH SAW “SEBAGAI BASIS
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI” (STUDI PENDIDIKAN AGAMA DALAM RUMAH TANGGA)
KONSEP PENDIDIKAN FORMAL DALAM MUHAMMADIYAH
“model pendidikan dirumah tangga sesuai dengan
gaya asuh rasulullah saw”
“pemikiran aqidah muhammad abduh dan
implementasinya di indonesia”
Konsep itu namalainnya adalah definisi, atau
pengertian umum.
Apa, bagamana dan hasil apa yang anda teliti.
Ahli pendidikan : Ilmu pendidikan, filsafat
pendidikan, sejarah pendidikan, psikologi pendidikan, sosiologi pendidikan
Sejarah itu adalah “mengapa” atau mengetahui
catatan dibalik peristiwa
Tugas makalah : 5-7 halaman, waktunya seminggu
1.
Sekularisme
2.
Teori
kebenaran
3.
Berpikir
kritis
4.
Cara membaca
5.
Pengembangan
ilmu
6.
Mukasyafah
7.
Logika tuhan
8.
anomaliteori