Kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan Islam
Prof. Dr. Abuddin Nata
·
Ditimur
tengah, seperti Ibnu sina, Islamisasi ilmu masuk pada individu masing masing.
Sebelum masuk takhassus dia harus hafal qur’an dulu. Nanti dia yang mendialogkan dengan al-qur’an.
·
Ini strategi
seperti Jablul, ahli kimia, doktor kimia, ia melahirkan rumus kimia berdasarkan
al-Qur’an, ia hafizh qur’an.
·
Kata rasul:
memdidik itu seperti bertani. Nativisme: pupuk, empirisme : lahannya subur,
apakah setelah itu hasilnya jadi bagus. Dalam islam belum tentu...semuanya karena
Allah. “am antum tazraunaha”
·
Begitu juga
dalam surat lukman ......... “aniskurli waliwalidayya”.....bersyukur kepada
Allah dulu baru kepada lukman
·
Fadlurahman :
islamisasi ilmu itu tidak perlu, yang perlu itu adalah orangnya yang
diislamisasi
·
Filosofis :
hasan asyyaibani
·
Historis :
Ahmad salabi, tarikh al-Islam
·
Sosioliogis :
azyumardi azra
·
Tekhnis
aflikatif: mahmud yunus : durus lughah arabiyah 4 jilid
·
Murid
kesayangan mahmud yunus yaitu ahmad zarkasi gontor
·
Benyamin s
blom: pada dasarnya semua orang itu bisa, tetapi untuk mencapai itu tidak semua
orang sama.
·
Ilmu
pendidikan bagian dari ilmu sosial
·
Qurasy :
pendidikan di indonesia masih memakai baju orang
·
Al-imron 159
·
Rewad/funishmen
jgn dipakai didunia pendidikan tetap apresiasi
·
13 rukun
pendidikan bernuasa ekonomi
·
Saad
al-ansori...”hadzihi yad layamussuhannaru abada” kala sa’ad minta maaf sama
nabi karena tidak ikut perang badar karena memotong pohon untuk anak dan
istrinya.
·
Orde lama :
nasionalis soekarno, komunis, dan islam.
·
Orde baru :
16 tahun pertama memperlihatkan hubungan yang tidak harmonis. 16 tahun kemudian mulai ada harmonisasi
dengan islam. Bagaimana islam ini bisa dipraktekkan, walaupun simbol islam
belum ditampakkan (islam yes partai islam no)
·
Sehingga
dampak ke pendidikan Islam sangat signifikan, ada MAK (munawir sadazli), MA PK
(Tarmidzi tahir)
·
Men PAN,
pertahanan, keuangan : 16 tahun pertama, bukan orang islam yang megang
·
PP 61 2010,
BLU (balai layanan umum)
·
Pendidikan
nasional tetapi spirit nasional suda =h tidak ada lagi. Karena dulu ki hajar
dewantara, membuat sekolah agar anak cinta kepada negara
·
Filsafat
burung onta...kalau ada keributan kepalanya dimasukkan kedalam pasir
·
Harus ada
orang gila di sekolah ... kalau di UIN jakarta ada pak suwito
·
Intrerpener
university
·
Penyebab kualitas
bangsa rendah : pendidikan yang belum merata, belum terciptanya masyarakat
belajar, pendidikan agama belum berhasil, belum pendidikan seumur hidup
·
Standar isi,
proses, pendidik dan ketenaga pendidikan, kompetensi lulusan, sarana prasarana,
pengelolaan, pembiayaan
·
Power point
untuk pembuatan makalah/ take home...
·
5 ciri tulisan ilmiah : 1. Didukung oleh
referensi yang memadai dan ditulis dibidang ahlinya, 2. Ada analisa pada isi.
Jadi jangan langsung di simpulkan tetapi didialogkan terlebih dahulu dianalisis
secara komprehensif dan mendalam, 3. Dari sudut metodologi seperti seseorang
mau bikin kue, kuenya apa, bahannya apa, dan bagaimana supaya jadi kue. 4.
Bahasa, bahasanya dasar-dasar saja (bikin kalimat fasif, majhul), 5.
Ketelitian. Dengan ketelitian akan membangun kepercayaan.
·
Menemukan
masalah dan masalahnya menjadi wacana perdebatan dunia. Mencari grand teori
yang kuat, motivasi yang tinggi dan biaya yang besar
·
Worldclass
berbasis pada riset. Riset university
·
UI ingin
menghasilkan dari perpustakaan itu 100 tulisan berstandar intrnasional
·
Sistem pendidikan islam di indonesia masih
mengembangkan kearah yang lebih baik
·
Kurikulum 78
masih kognitif dan agama belum masuk kedalam kurikulum, tahun 84 mulai
dikembangkan CBSA, tahun 94 konsepnya masih CBSA tetapi sudah menjadi sekolah
umum yang berciri khas agama. 2004 KBK kurikulum tidak lagi terpusat dan sudah
menggunakan visi UNESCO, to do, to live, dll.
·
Apakah satuan
pendidikan keagamaan ini satuan pendidikan atau program. Kalau menjadi satuan
maka akan bertentangan dengan yang lainnya.
·
Saat kuliah
di UIN, lulusanMA-PK Sudah kenal dengan buku-buku cak nur dan gusdur ,
bagaimana solusinya
·
Religius
velius (agama sebagai pegangan hidup) makin diminati.
Malah saat ini berkembang dengan istilah tasawuf kota (aa gym, arifin ilham,
haryono), dan agama di ekplor dengan sebuah ideologi, seperti MMI (majelis
mujahidin Indonesia), hizbutahrir, Aswaja, P3M, dan ada kelompok liberal, JIL
misalnya.
·
Religius
velius di luar sekolah sudah disampaikan dengan menarik. Dan madrasah aliyah
tidak merespon perkembangan dakwah yang menarik, makanya ditinggalkan.
·
Agama itu
masih tetap mendapat minat dihati masyarakat.
·
Peran kyai
juga berkurang. Tidak seprti dulu.
·
Intinya :
kaum beragama dihadapi tantangan yang banyak, dan dituntut berinovasi
·
“Pergeseran
peran agen dalam penyampaian agama”
·
Di masa lalu
“tarikat salah satu cara mengikat para ummat”
·
Aliran
tarikat dahulu menjawab masalah ummat.
·
Dalam
penelitiaan : tarikat itu dahulu muncul di kota seperti di kufah dan basrah
·
Fungsi
pesantren : 1. Mencetak ulama, 2.
Memelihara tradisi (pesantren), 3. Membumikan ajaran islam (transfer islamic
knowledge),
·
Model
pesantren : 1. Pesatren salafiyah murni , 2. Pesantren plus madrasah diniyah,
3. Pesantren plus MD plus Madrasah, 4. Pesantren salafiyah plus MD, Madrasah
dan Umum, 5. Pesantern salafiyah (seprti daar elqolam), 6. Plus kejuruan, 7.
Plus ma’had ali, 8. Pesantren kejuruan
·
Intinya :
pesantren adalah lembaga yang sangat
merespon perkembangan zaman.
·
Karakter
santri seharusnya kuat dalam ubudiyah
·
Pesantren
sekarang sudah ada dikota-kota seprti ashshidiqiyah
·
Akreditasi
jangan terlalu menginterfensi ke standar proses
·
S1 belajar
menulis, s2 belajar meneliti, s3 belajar menganalisa
·
Pengertian
analisis. Analisi adalah bagian darikerja ilmiah, bagian dari ranah kognitf
(berdasarkan teori benyamin s. Bloom), karenanya ia harus
·
Analisis
membutuhkan pendekatan : statistik,
inferencial/versthen, teori-teori keilmuan, ideologi, dan lain sebagainya.
·
Pengertian
kebijaka (wisdom). Kebijakan adalah terjemahan dari bahasa inggris, wisdom atau
bahasa arab ‘al-hikmah’
·
Kajian
filsafah, hikmah didapat menggunakan akal bil fi’li (akal yang tidak
terpengearuh oleh pengaruh duniawi) dengan akal kesepuluh yakni malaikat
jibril. Ibn miskawaih berbasis psikologi al-hikmah dicapai melalui penggunaan
akal secara adil. Dalam petunjuk nabi, hikmah terjadi ketika penggunaan akal
yang dikonsultasikandengan instuisi (hati nurani) dan wahyu.
·
Hikmah
termasuk wilayah gray are: bukan masuk ke dalam science dan bukan pula masuk
dalam wahyu. Hikmahlah yang melahirkan ilmu : aksiologi, epistimologi dan
aksiologi.