Kuliah Metodologi Pembelajaran


10/4/2011
DR. Nusa Putra, S.Fil, M.PD
0817144735

·         Dasari filsosofi
filsafat – empirisme – rasionallisme – humanism – teori – behaviorisme – kognitisme konstruktivism – multimensionalisme – metodologi pembelajaran
·         tidak ada suatu pernyataan kecuali ia mempunyai dasar filosofi tertentu
·         Dasar  Penelitian
Penelitian J. Ledoux, Antonio Damasio, H. Gardner ---à Metodologi Pembelajaran
·         Ibnu Rusd di kecam di Islam tetapi di hargai di barat, begitu juga terhadapa skolatistik
·         B. Russel : filosof pernaih nobel di abad 20
·         Bryan Magee
·         jika belajar ingin berhasil maka guru harus melibatkan emosinya agar terkenang di murid, maka jgn malu untuk mengajar dg seluruh tubuh.
·          mandi dengan tangan terpejam, baca terbalik, sehingga bisa menghidupkan bagian otak yang tadinya mati
·         kenapa qur’an bergaya puisi….bercerita yang diulang ulang, makanya alqur’an itu menarik
·         melibatkan pembelajaran dengan emosi di dalam kelas
·         harus ada pembelajaran pengembangan emosi?
·         tanpa emosi kita tidak bisa membuat keputusan
·         saya butuh bukti bukan alasan, kenapa kita selalu berbicara kesuksesan
·          membaca dengan keras banyak fungsi otak yang bekerja (cocok buat amtsilati)
·         Jangan belajar melulu dengan verbal, karena banyak yang hilang. harus pakai warna atau gambar karena sulit hilang. makanya gambar pornografi itu bahaya, karena sulit hilang dari pemikiran anak-anak
·         latih otak anda oleh DR. KAWASHIMA
·         di kasih kepercayaan
·         tubuhnya tidak kosentrasi karena terlalu banyak melumat lemak, habis makan
·         sholat malam pemicu untuk memotivasi otak dalm pembelajaran’
·         mengapa sholat itu harus mutmainnah?
·         kacang kedelai membantu pengkretutan muka
·         pendidikan orang tua adalah pendidikan analisis
·         pembentukan perilaku itu harus lama, sehingga terbentuk
·         kalau prestasi anak jatuh maka tambah dengan pelajaran music dan jasmani
·         di jepang, wajib mengikuti salah satu ekskul fisik dan ekskul seni
·         tarian rumi sekarang terbukti, karena zikir tidak hanya dengan duduk saja tafi harus melibatkan fisik dengan gerak
·         rnd --- kontens analisis ---bagaimana mengembangkan model
·         nero sains
·         argumentasi rumi, zikir haru s bergerak, karena shalat, haji saja harus bergerak
·         didisertasi perbanyak pola empiris, temukan model – model empiris
·         ada satu bagian tubuh yang tidak dilibatkan dalam pendidikan, maka pendidikan itu gagal
·         A – Israel, minta nambah lagi
·         143 dari 1000 orang, doctor
·         semua alat canggih di buat di tel aviv baru di bawa eropa
·         rumi walaupun ia sufi tetapi ia mengembangkan model, pelatih senam otak mengatakan bahwa rumi merupakan salah satu inspirasi untuk senam otak
·         3 x seminggu bersenggama membuat badan sehat
·         ibadah di Islam banyak menggunakan gerak tubuh

TANGGAL 24 APRIL 2011
STAD
(Student  teams achievement Division)
·         strategi dan metodologi pembelajaran tujuannya adalah proses pengaktifan murid.
·         dalam pembelajaran ini kalau bahasa politiknya adalah otonomi. sehinga otonomi kelompok kelpompok aktif dan pusat dari guru berkurang
·         kita harus menguasai model, tapi tidak semua model bisa diajarkan pada setiap saat
·         model model disini hanyalah dasar adapaun pengembangannya melalui empiric atau disertasi
·         saya mendorong penelitian kualaitati, karena kita akan melihat kenyataan empiris sehingga bisa mengembangkan model model lain
·         bisa jadi sesuatu itu hebat ternyata empiriknya sudah ditinggalkan orang
·         kenapa guru tidak pernah beranjak dari metode ceramah atau transfer ilmu, karena ada racun yang namanya ujian nasional
·         penyakit raja singa
·         STAD, CTL, servis learning, cooperative learning, Quantum Teaching, active learning, effective teaching, Accelerated Learning, FUN LEARNING, QUANTUM LEARNING, DISCOVERY LEARNING, INTEGRATED LEARNING, KONTEKSTUAL LEARNING, UP TO YOU LEARNING, model pendekatan pembelajaran terpadu, E-Learning, Model Pembelajaran Alternatif, CIRC, TEORI BELAJAR KOGNITIF, Brain-Based Teaching,
·         kerja kelompok jangan berharap materi selesai, pasti tidak selesai. yang penting dari model ini adalah prosesnya, sekarang untuk materi sudah ada semua di internet.
·         kalau materi itu tidak perlu dipikirkan tetapi bagaimana murid itu mengalami metode pembelajaran/ proses
·         kenapa saat ini kita kurang bisa menerima perbedaan, karena dari kecil tidak ajarkan kelompok
·         pendidikan pesantren traditisonal masih banyak yang bagus dalam model pembelajarannya tetapi kenapa ketika santri itu ke Jakarta cepat sekali berubah karena terpengaruh lingkungan luar, berarti ada sesuatu dipesantren yang kurang begitu kuat mengikuti tradisinya…..?
·         kenapa santri itu setelah keluar dari pesantren seperti keluar dari penjara?
·         kenapa ketika dipesantren rajin tetapi setelah pulang kerumah di tidak rajin lagi shalat?
·         kenapa justru islamisasi ada dari jebolan kampus yang tidak berbasic islami?
·         maka harus dicari suatu model pembelajarn yang bisa menjawab ini semua
·         KEKUATAN KELOMPOK
·         Kalau materi banyak yang terlambat, gampang saja , kasih saja PR, tugas, dll, tetapi dengan cara ini, tumbuh tidak solidaritasnya, sosialnya, akhlaknya, ketekunannya.
·         karena kalau kelompok itu ada pembagian tugas, komitmen
·         jangan pernah ada dikelompok  satu orang yang mendominasi atau terlalu menonjol. kalau bisa jangan dijadikan ketua kelompok. karena akhlak dan kelakuannya akan ditiru, jika akhlaknya jelek, bahaya.
·         jangan buat kelompok yang jumlahnya lebih dari empat orang.  biasanya 3 orang. kalau lebih dari lima satu kelompok ada dua kelompok lagi karena ngobrol.
·         jangan diberi tugas yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. kalau terlalu banyak mereka akan bagi bagi tugas 1 bab 1 bab.
·         jangan kelompok itu terlalu lama dalam kelompok karena mereka akan jenuh, kalau 1 semester kelompoknya dia lagi maka jadi bosen. kalau lama nanti terlalu ada yang dominan
·         ada masa dimana anak lebih percaya kepada temannya daripada menyampaikan keluh kesah ke orang tuanya.
·         dalam perusahaan, kalau suatu kelompok tidak terlalu lama, apabila suatu kelompok sudah menghasilkan penghasilan yang besar maka harus segera di akhiri.
·         talent manajemen.
·         kelas 1 dan 3 SD masih memerlukan suatu pigur
·         Guru harus menciptakan tantangan tantangan baru (solusinya) sebagai guru
·         jangan membuat disertasi yang pragmentalis, (sendiri – sendiri)
·         bukan hanya didasarkan dalil tetapi empiriknya.
·         (pengaruh – hubungan)
·         Majlis Ta’lim (bagus untuk disertasi)
·         membongkar tong sampah di kampong naga
·         artis Hollywood setiap sampahnya di bakar
·         disertasi membongkar NII dan ahmadiyah
·         untuk keabsahan kualitataf bisa dengan teman sejawat.

5/6/2011 (fun learning)
·         semua penelitan tentang fun learning terkait kuat dengan “ otak” (basisnya otak)
·         rokok, mabok itu sebagaian orang menyenangkan, susah melepaskan sesuatu yang menyenangkan
·         fun learning ada disemua metodologi pembelajaran
·         dan kata kunci “fun learning” adalah keterlibatan siswa  (TERLIBAT)
·         suasananya tidak formal sehingga “menyenangkan”
·         sehingga guru dan murid dalam posisi yang sama
·         projek spektrun dan projek hero
·         belajar matematika pun dikaitkan dengan seni
·         kemudian “harus ada tantangan” sehingga menyenangkan.
·         tantangan “jangan terlalu lemah” atau “terlalu keras”
·         caranya yaitu “menghargai setiap individu”
·         berhasil atau tidaknya tergantung “konsep diri anak” “minat anak”
·         mulai dari “pisang” setelah itu dikasih tahu Negara memproduksi pisang.
·         menangis itu dapat menyelamatkan jantung, karena kotoran banyak yang keluar dari air mata
·         guru itu harus jadi entertainer, motivator, propokator
·         kalau nguap anak ikut nguap, kalau tegang anak tegang, kalau senang anak senang.
·         Tidak ada metodologi pembelajaran yang bisa melayani semua siswa, keberagaman itu amat penting
·         pendidikan andragogi (dewasa)
·         pak nusa tidak bikin soal tetapi mahasiswa yang bikin, dan mahasiswa yang jawab.
·         ‘keberagaman metodologi’ itu harus
·         gurulah akhirnya yang tetap mengolah metodologi itu.
·         permainan imajinasi (futsal dwiwarna)
·         persepsi diri, semangat juang, konsep diri, motivasi yang menentukan kognisi siswa
·         tugas siswa harap segera dikembalikan dan diberikan komentar
·         keteladanan pertama adalah jangan telat ketika mengajar. kalau telat sekali besok maka siswa akan mencap besok guru telat.
·         tunjukkan anda lebih dari sekedar dosen agama, dan mahasiswa harus menyangka bahwa dosennya adalah dosen yang selalu belajar.
·         keberhasilan dikelas bukan hanya dikelas itu saja, tetapi untuk selanjutnya.
·         aku panglimamu dan aku juga ayahmu
·          

Postingan populer dari blog ini

Kun Ma'allah

Sejarah Dzikrul Ghofilin

CERAMAH HAUL DAN KEHARUSAN BERGURU