Kuliah Metodologi Pembelajaran
10/4/2011
DR.
Nusa Putra, S.Fil, M.PD
0817144735
·
Dasari filsosofi
filsafat
– empirisme – rasionallisme – humanism – teori – behaviorisme – kognitisme
konstruktivism – multimensionalisme – metodologi pembelajaran
·
tidak ada suatu pernyataan
kecuali ia mempunyai dasar filosofi tertentu
·
Dasar Penelitian
Penelitian
J. Ledoux, Antonio Damasio, H. Gardner ---à
Metodologi Pembelajaran
·
Ibnu Rusd di kecam di Islam
tetapi di hargai di barat, begitu juga terhadapa skolatistik
·
B. Russel : filosof pernaih
nobel di abad 20
·
Bryan Magee
·
jika belajar ingin berhasil
maka guru harus melibatkan emosinya agar terkenang di murid, maka jgn malu
untuk mengajar dg seluruh tubuh.
·
mandi dengan tangan terpejam, baca terbalik,
sehingga bisa menghidupkan bagian otak yang tadinya mati
·
kenapa qur’an bergaya
puisi….bercerita yang diulang ulang, makanya alqur’an itu menarik
·
melibatkan pembelajaran
dengan emosi di dalam kelas
·
harus ada pembelajaran
pengembangan emosi?
·
tanpa emosi kita tidak bisa
membuat keputusan
·
saya butuh bukti bukan
alasan, kenapa kita selalu berbicara kesuksesan
·
membaca dengan keras banyak fungsi otak yang
bekerja (cocok buat amtsilati)
·
Jangan belajar melulu
dengan verbal, karena banyak yang hilang. harus pakai warna atau gambar karena
sulit hilang. makanya gambar pornografi itu bahaya, karena sulit hilang dari
pemikiran anak-anak
·
latih otak anda oleh DR.
KAWASHIMA
·
di kasih kepercayaan
·
tubuhnya tidak kosentrasi
karena terlalu banyak melumat lemak, habis makan
·
sholat malam pemicu untuk memotivasi
otak dalm pembelajaran’
·
mengapa sholat itu harus
mutmainnah?
·
kacang kedelai membantu
pengkretutan muka
·
pendidikan orang tua adalah
pendidikan analisis
·
pembentukan perilaku itu
harus lama, sehingga terbentuk
·
kalau prestasi anak jatuh
maka tambah dengan pelajaran music dan jasmani
·
di jepang, wajib mengikuti
salah satu ekskul fisik dan ekskul seni
·
tarian rumi sekarang
terbukti, karena zikir tidak hanya dengan duduk saja tafi harus melibatkan
fisik dengan gerak
·
rnd --- kontens analisis
---bagaimana mengembangkan model
·
nero sains
·
argumentasi rumi, zikir
haru s bergerak, karena shalat, haji saja harus bergerak
·
didisertasi perbanyak pola
empiris, temukan model – model empiris
·
ada satu bagian tubuh yang
tidak dilibatkan dalam pendidikan, maka pendidikan itu gagal
·
A – Israel, minta nambah
lagi
·
143 dari 1000 orang, doctor
·
semua alat canggih di buat
di tel aviv baru di bawa eropa
·
rumi walaupun ia sufi
tetapi ia mengembangkan model, pelatih senam otak mengatakan bahwa rumi
merupakan salah satu inspirasi untuk senam otak
·
3 x seminggu bersenggama
membuat badan sehat
·
ibadah di Islam banyak
menggunakan gerak tubuh
TANGGAL 24 APRIL 2011
STAD
(Student teams
achievement Division)
·
strategi dan metodologi
pembelajaran tujuannya adalah proses pengaktifan murid.
·
dalam pembelajaran ini
kalau bahasa politiknya adalah otonomi. sehinga otonomi kelompok kelpompok
aktif dan pusat dari guru berkurang
·
kita harus menguasai model,
tapi tidak semua model bisa diajarkan pada setiap saat
·
model model disini hanyalah
dasar adapaun pengembangannya melalui empiric atau disertasi
·
saya mendorong penelitian
kualaitati, karena kita akan melihat kenyataan empiris sehingga bisa
mengembangkan model model lain
·
bisa jadi sesuatu itu hebat
ternyata empiriknya sudah ditinggalkan orang
·
kenapa guru tidak pernah
beranjak dari metode ceramah atau transfer ilmu, karena ada racun yang namanya
ujian nasional
·
penyakit raja singa
·
STAD, CTL, servis
learning, cooperative learning, Quantum Teaching, active learning, effective
teaching, Accelerated Learning, FUN LEARNING, QUANTUM LEARNING, DISCOVERY
LEARNING, INTEGRATED LEARNING, KONTEKSTUAL LEARNING, UP TO YOU LEARNING, model
pendekatan pembelajaran terpadu, E-Learning, Model Pembelajaran Alternatif,
CIRC, TEORI BELAJAR KOGNITIF, Brain-Based Teaching,
·
kerja kelompok jangan
berharap materi selesai, pasti tidak selesai. yang penting dari model ini
adalah prosesnya, sekarang untuk materi sudah ada semua di internet.
·
kalau materi itu tidak
perlu dipikirkan tetapi bagaimana murid itu mengalami metode pembelajaran/
proses
·
kenapa saat ini kita kurang
bisa menerima perbedaan, karena dari kecil tidak ajarkan kelompok
·
pendidikan pesantren
traditisonal masih banyak yang bagus dalam model pembelajarannya tetapi kenapa
ketika santri itu ke Jakarta cepat sekali berubah karena terpengaruh lingkungan
luar, berarti ada sesuatu dipesantren yang kurang begitu kuat mengikuti
tradisinya…..?
·
kenapa santri itu setelah
keluar dari pesantren seperti keluar dari penjara?
·
kenapa ketika dipesantren
rajin tetapi setelah pulang kerumah di tidak rajin lagi shalat?
·
kenapa justru islamisasi
ada dari jebolan kampus yang tidak berbasic islami?
·
maka harus dicari suatu
model pembelajarn yang bisa menjawab ini semua
·
KEKUATAN KELOMPOK
·
Kalau materi banyak yang
terlambat, gampang saja , kasih saja PR, tugas, dll, tetapi dengan cara ini,
tumbuh tidak solidaritasnya, sosialnya, akhlaknya, ketekunannya.
·
karena kalau kelompok itu
ada pembagian tugas, komitmen
·
jangan pernah ada
dikelompok satu orang yang mendominasi
atau terlalu menonjol. kalau bisa jangan dijadikan ketua kelompok. karena
akhlak dan kelakuannya akan ditiru, jika akhlaknya jelek, bahaya.
·
jangan buat kelompok yang
jumlahnya lebih dari empat orang. biasanya
3 orang. kalau lebih dari lima satu kelompok ada dua kelompok lagi karena
ngobrol.
·
jangan diberi tugas yang
terlalu banyak atau terlalu sedikit. kalau terlalu banyak mereka akan bagi bagi
tugas 1 bab 1 bab.
·
jangan kelompok itu terlalu
lama dalam kelompok karena mereka akan jenuh, kalau 1 semester kelompoknya dia
lagi maka jadi bosen. kalau lama nanti terlalu ada yang dominan
·
ada masa dimana anak lebih
percaya kepada temannya daripada menyampaikan keluh kesah ke orang tuanya.
·
dalam perusahaan, kalau suatu
kelompok tidak terlalu lama, apabila suatu kelompok sudah menghasilkan
penghasilan yang besar maka harus segera di akhiri.
·
talent manajemen.
·
kelas 1 dan 3 SD masih
memerlukan suatu pigur
·
Guru harus menciptakan tantangan
tantangan baru (solusinya) sebagai guru
·
jangan membuat disertasi
yang pragmentalis, (sendiri – sendiri)
·
bukan hanya didasarkan
dalil tetapi empiriknya.
·
(pengaruh – hubungan)
·
Majlis Ta’lim (bagus untuk
disertasi)
·
membongkar tong sampah di
kampong naga
·
artis Hollywood setiap
sampahnya di bakar
·
disertasi membongkar NII
dan ahmadiyah
·
untuk keabsahan kualitataf
bisa dengan teman sejawat.
5/6/2011
(fun learning)
·
semua penelitan tentang fun
learning terkait kuat dengan “ otak” (basisnya otak)
·
rokok, mabok itu sebagaian
orang menyenangkan, susah melepaskan sesuatu yang menyenangkan
·
fun learning ada disemua
metodologi pembelajaran
·
dan kata kunci “fun
learning” adalah keterlibatan siswa
(TERLIBAT)
·
suasananya tidak formal
sehingga “menyenangkan”
·
sehingga guru dan murid
dalam posisi yang sama
·
projek spektrun dan projek
hero
·
belajar matematika pun
dikaitkan dengan seni
·
kemudian “harus ada
tantangan” sehingga menyenangkan.
·
tantangan “jangan terlalu
lemah” atau “terlalu keras”
·
caranya yaitu “menghargai
setiap individu”
·
berhasil atau tidaknya
tergantung “konsep diri anak” “minat anak”
·
mulai dari “pisang” setelah
itu dikasih tahu Negara memproduksi pisang.
·
menangis itu dapat
menyelamatkan jantung, karena kotoran banyak yang keluar dari air mata
·
guru itu harus jadi
entertainer, motivator, propokator
·
kalau nguap anak ikut
nguap, kalau tegang anak tegang, kalau senang anak senang.
·
Tidak ada metodologi
pembelajaran yang bisa melayani semua siswa, keberagaman itu amat penting
·
pendidikan andragogi
(dewasa)
·
pak nusa tidak bikin soal
tetapi mahasiswa yang bikin, dan mahasiswa yang jawab.
·
‘keberagaman metodologi’
itu harus
·
gurulah akhirnya yang tetap
mengolah metodologi itu.
·
permainan imajinasi (futsal
dwiwarna)
·
persepsi diri, semangat
juang, konsep diri, motivasi yang menentukan kognisi siswa
·
tugas siswa harap segera
dikembalikan dan diberikan komentar
·
keteladanan pertama adalah
jangan telat ketika mengajar. kalau telat sekali besok maka siswa akan mencap
besok guru telat.
·
tunjukkan anda lebih dari
sekedar dosen agama, dan mahasiswa harus menyangka bahwa dosennya adalah dosen
yang selalu belajar.
·
keberhasilan dikelas bukan
hanya dikelas itu saja, tetapi untuk selanjutnya.
·
aku panglimamu dan aku juga
ayahmu
·