Kuliah Islamic World View



Dr. Adian Husaini
27/3/2011
10516111270

·         prof.S.M. naquib al-attas dalam disertasinya  membagi agama menjadi : Agama wahyu dan agama budaya
·         dan islam menjadi agama wahyu, sehingga islam itu lintas zaman dan budaya
·         KARAKTER ISLAM SEBAGAI AGAMA WAHYU
·         al-a’rof ayat  172. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
·         islam----budaya---hukum??? kalau hukum bisa di kaitkan dengan budaya!!!
·         ilmiah, rasional dan empiris = ilmiah
·         ilmu sekuler dikarang barat karena ingin menjauhkan dari agama (seperti psikologi, sosiologi, antropologi dll)
·         agama = dogma
·         allohummahyi miskinan wa amitni miskinan
·         ada pesantren/ kyai tidak menerima sumbangan karena khawatir subhat
·         Islamic worldview : Tuhan, manusia, agama, ilmu, kitab suci, nabi, kebenaran, tuhan
·         apa makna semua istilah ini? islam moderat, liberal, sejuk, protestan, esotoris, plularis, inklusif
·         katolik : yang berhak menafsirkan bible adalah gereja katolik di vatikan, sedangkan protestan siapa saja berhak menafsirkan bible
·         annikah sunnati faman rogiba an sunnati palaysa minni
·         kalau islam moderat berarti ada yang islam non moderat dong
·         hanya peradaban islam saja yang bisa mengalahkan barat, kota viena pernah dikepung oleh turki utsmani, 800 tahun spanyol dikuasai oleh islam. peradaban cina, afrika dll belum pernah menguasai eropa.
·         barat tidak berhasil mencetak insane kamil/ rohani
·         tuhannya orang barat : kekayaan, keuasaan/power, kecantikan/beauty, populatitas
·         test islam moderat :
·         istilah militan dan radikal dan moderat adalah istilah yang digunakan barat untuk memilah milah apakah ia lawan atau kawan
·         350 tahun belanda ingin berusaha kristenisasi di jawa tetapi susah karena para ulama jihad dengan ilmu bukan dengan senjata dan berhasil.
·         menurut naquib al-attas : deislamization of language, orang dulu bukan hanya mengislamkan orangnya saja tetapi bahasanya juga
·         sangat islami : kemanusiaan yang adil yang beradab
·         ba-adab, be-adab : bahasa faris
·         adab : meletakkan pada tempatnya tetapi lebih kepada ruh dan jiwa
·         adil : meletakkan sesuatu pada tempatnya
·         katolik = universal
·         buda = tercerahkan
·         protestan : protes
·         belajar agama yang dimasukin doktrin barat hanya berujung kepada keraguan kepada islam
·         lebih baik menguasai kitab tasir sebanyak-banyaknya
·         hindu versus hindu bali
·         siiru fi alardi….fanduru kaifa kana aqibatul mukadzibin
·         yahudi ; yahwe
·         transedentalisme versi prof. Huston smith, good, esoteric, exoteric-----all paths lead to the same summit
·         albaqorah ayat 62, ayat favorit yang menyatakan bahwa agama semua benar
62. Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin[56], siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah[57], hari kemudian dan beramal saleh[58], mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Asbabun nuzul

[56]. Shabiin ialah orang-orang yang mengikuti syari'at Nabi-nabi zaman dahulu atau orang-orang yang menyembah bintang atau dewa-dewa.

[57]. Orang-orang mukmin begitu pula orang Yahudi, Nasrani dan Shabiin yang beriman kepada Allah termasuk iman kepada Muhammad s.a.w., percaya kepada hari akhirat dan mengerjakan amalan yang saleh, mereka mendapat pahala dari Allah.

[58]. Ialah perbuatan yang baik yang diperintahkan oleh agama Islam, baik yang berhubungan dengan agama atau tidak.

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa Salman bertanya kepada Nabi SAW tentang penganut agama yang pernah ia anut bersama mereka. Ia terangkan cara shalatnya dan ibadahnya. Maka turunlah ayat tersebut di atas (S. 2: 62) sebagai penegasan bahwa orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir dan berbuat shaleh akan mendapat pahala dari Allah SWT.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Hatim dan al-Adni dalam musnadnya dari Ibnu Abi Najih yang bersumber dari Mujahid.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ketika Salman menceritakan kepada Rasulullah kisah teman-temannya, maka Nabi SAW bersabda: "Mereka di neraka." Salman berkata: "Seolah-olah gelap gulitalah bumi bagiku. Akan tetapi setelah turun ayat ini (S. 2: 62) seolah-olah terang-benderang dunia bagiku."
(Diriwayatkan oleh al-Wahidi dari Abdullah bin Katsir yang bersumber dari Mujahid.)

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa ayat ini (S. 2: 62) turun tentang teman-teman Salman al-Farisi.
(Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari As-Suddi.)

·      injil itu kitab yang diturunkan kepada nabi isa, tetapi kalau bible ada perjanjian lama dan baru
·      pahala dan surga awalnya adalah istilah hindu tetapi konsep pemikiran pahala dan surganya beda dengan yang dipahami umat islam, seperti demokrasi
·      piagam madinah konstitusi tertulis pertama di dunia
·      pemilihan ustman menaanya semua sahabat. masyarakat madinah adalah masyarakat modern pada zamannya
·      satu tuhan seribu tafsir karya abdul munir mulkhan
·      islam sebagai agama wahyu : 1. nama islam berasal dari wahyu, 2. nama dan konsep tuhan berasal dari wahyu, 3, tata cara ibadah (ritual) berdasarkan wahyu, 4. islam memiliki model yang hidup, 5. islam agama fitrah, yang final dan benar
·      1 dinar = 1,8 juta kalau ¼ sekitar 400.000,-, berarti dibawah sekian maka tidak di potong tangan
·      israil = nabi ya’qub
·      di budha haram membunuh semua binatnag, termasuk nyamuk
·      tidak perlu lagi dibagi agama samawi dan ardi tetapi ada agama benar dan agama yang salah, yang benar adalah islam yang lain salah = dr. adian
·      suku aborizin dan suku Indian dibantai oleh orang barat, kenapa kita belajar toleransi kepada mereka.
·      tetapi di islam, 800 th orang yahudi dilindungi di Palestine karena berkat perjanjiannya umar bin khattab
·      ijtanibu fi a’yadihim = kata umar
·      PENGGUNAAN METODE OBJEKTIF
·      YHWH---------------ADONAI/TUHAN
·      makanya barat tidak punya nama tuhan
·      Misteri Yahweh
·      qul innani anallah --- dalam islam
·      TIDAK ADA TUHAN KECUALI TUHAN ITU (ENSLIKOPEDI NURCHOLISH 2007
·      kata allah itu jamid bukan mustaq, buktinya adalah jika kemasukan ya nida maka al nya tidak buang
·      wajah peradaban barat


KULIAH KE II TANGGAL 9 / 4/ 2011

·      Tanda Tanya untuk FILM “?”
·      plurarism


KULIAH KE III TANGGAL 24 / 4/ 2011

·                Wahyu AlQur’an menurut revisionism : Dr. Abas Mansur tammam, MA
·                Definisi Revisionisme ?
·                Sifatnya monolog?
·                revisionis Muslim : Toha Husein, Ahmad Amin, fazlurrahman, nasr Hamid Abu zeid, Muhammad arkoun
·                Akar revisionism?
·                Hermeneutika? adalah studi tentang kaidahkaidah penting dalam menafsirkan kitab kitab suci. 
·                dua sisi hermeneutika : 1. kritik teks menguji orisinalitas dan validitas hubungan kepada penulisnya, 2) interpretasi teks.
·                karakter interpretasu hermeneutika? – makna tidak diambil dari teks, tetapi dialektika penulis, teks dan pembaca, - tren popular : hermeneutika berarti kematian penulis. pembaca di beri kebebasan menentukan makna tanpa mempertimbangkan penulis . teks terbuka menerima berbagai makna.
·                ta’wil apakah sama dengan hermeunitika?
·                finkelstin : taurat yang ada tidak ada hubungannya dengan Musa
·                Zalman : sebelum Azra, Taurat kitab terbuka
·                OKSIDENTALISMEN : ORANG YANG MENGKAJI TETANG BARAT
·                 Hanya 7,5 % ayat karena asbabunnuzul jadi tidak benar alqur’an produk budaya
·                agenda revisionism : merevisi hakikat al-qur’an : “lafaz arab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw yang samapai kepada kita secara mutawatir (syaltout, al-islam aqidah wa syariah, 471)---à al-Qur’an produk budaya (bukan wahyu), bahasa Arab bukan hakikat al-Qur’an, Mushaf Utsmani tidak mutawattir, Mengadopsi hermeneutika sebagai metodologi tafsir (maksudnya : ayat alqur’an dapat ditafsiri tergantung kecenderungan pembacanya).
·                Nuzul Qur’an fondasi seluruh ilmu Qur’an, nuzulul qur’an merupakan fondasi akidah Islam
·                3 bentuk nuzulul qur’an : turun ke lauhul mahdfuz dengan jumlah wahidah (al-Buruj 21-22), turun ke baitul izzah di langit dunia (addukhan), turun ke dari bait izzah ke hati Muhammad dengan perantara jibril
·                turn menjelma menjadi manusiawi (nasr abu zaid)
·                toha husein : al-qur’an respon sosial Muhammad SAW
·                Abu zeid : AlpQur’an produk budaya, --à dibangun di atas dialektika marxis à marx: “aktivitas berpikir tidak lebih dari refleksi atas realtas, dimana realitas di transfer ke dalam otak manusia” (Muhammad baqir sodr, 217)
·                Abu zeid : realitas membentuk teks dan makna – maknanya
·                abu zeid : konsep lauhul mahfuz tidak ilmiah dan regresif
·                abu zeid : lauhul mahfudz mitos
·                abu zeid : al-qur’an dipengaruhi budaya jahiliyyah
·                abu zeid : su’udul qur’an bukan nuzul qur’an

Postingan populer dari blog ini

Kun Ma'allah

Sejarah Dzikrul Ghofilin

CERAMAH HAUL DAN KEHARUSAN BERGURU