Kuliah Islamic World View
Dr. Adian Husaini
27/3/2011
10516111270
·
prof.S.M. naquib al-attas dalam disertasinya membagi agama menjadi : Agama wahyu dan agama
budaya
·
dan islam menjadi agama wahyu, sehingga islam itu
lintas zaman dan budaya
·
KARAKTER ISLAM SEBAGAI AGAMA WAHYU
·
al-a’rof ayat 172. Dan (ingatlah), ketika
Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah
mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku
ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi
saksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak
mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah
terhadap ini (keesaan Tuhan)",
·
islam----budaya---hukum???
kalau hukum bisa di kaitkan dengan budaya!!!
·
ilmiah, rasional dan empiris = ilmiah
·
ilmu sekuler dikarang barat karena
ingin menjauhkan dari agama (seperti psikologi, sosiologi, antropologi dll)
·
agama = dogma
·
allohummahyi miskinan wa amitni
miskinan
·
ada pesantren/ kyai tidak menerima
sumbangan karena khawatir subhat
·
Islamic worldview : Tuhan, manusia, agama, ilmu, kitab
suci, nabi, kebenaran, tuhan
·
apa makna semua istilah ini? islam moderat, liberal,
sejuk, protestan, esotoris, plularis, inklusif
·
katolik : yang berhak menafsirkan bible adalah gereja
katolik di vatikan, sedangkan protestan siapa saja berhak menafsirkan bible
·
annikah sunnati faman rogiba an sunnati palaysa minni
·
kalau islam moderat berarti ada yang islam non moderat
dong
·
hanya peradaban islam saja yang bisa mengalahkan
barat, kota viena pernah dikepung oleh turki utsmani, 800 tahun spanyol
dikuasai oleh islam. peradaban cina, afrika dll belum pernah menguasai eropa.
·
barat tidak berhasil mencetak insane kamil/ rohani
·
tuhannya orang barat : kekayaan, keuasaan/power,
kecantikan/beauty, populatitas
·
test islam moderat :
·
istilah militan dan radikal dan moderat adalah istilah
yang digunakan barat untuk memilah milah apakah ia lawan atau kawan
·
350 tahun belanda ingin berusaha kristenisasi di jawa
tetapi susah karena para ulama jihad dengan ilmu bukan dengan senjata dan
berhasil.
·
menurut naquib al-attas : deislamization of language,
orang dulu bukan hanya mengislamkan orangnya saja tetapi bahasanya juga
·
sangat islami : kemanusiaan yang adil yang beradab
·
ba-adab, be-adab : bahasa faris
·
adab : meletakkan pada tempatnya tetapi lebih kepada
ruh dan jiwa
·
adil : meletakkan sesuatu pada tempatnya
·
katolik = universal
·
buda = tercerahkan
·
protestan : protes
·
belajar agama yang dimasukin doktrin barat hanya
berujung kepada keraguan kepada islam
·
lebih baik menguasai kitab tasir sebanyak-banyaknya
·
hindu versus hindu bali
·
siiru fi alardi….fanduru kaifa kana aqibatul
mukadzibin
·
yahudi ; yahwe
·
transedentalisme versi prof. Huston smith, good,
esoteric, exoteric-----all paths lead to the same summit
·
albaqorah ayat 62, ayat favorit yang menyatakan bahwa
agama semua benar
· injil itu kitab yang diturunkan
kepada nabi isa, tetapi kalau bible ada perjanjian lama dan baru
· pahala dan surga awalnya adalah
istilah hindu tetapi konsep pemikiran pahala dan surganya beda dengan yang
dipahami umat islam, seperti demokrasi
· piagam madinah konstitusi tertulis
pertama di dunia
· pemilihan ustman menaanya semua
sahabat. masyarakat madinah adalah masyarakat modern pada zamannya
· satu tuhan seribu tafsir karya abdul
munir mulkhan
· islam sebagai agama wahyu : 1. nama
islam berasal dari wahyu, 2. nama dan konsep tuhan berasal dari wahyu, 3, tata
cara ibadah (ritual) berdasarkan wahyu, 4. islam memiliki model yang hidup, 5.
islam agama fitrah, yang final dan benar
· 1 dinar = 1,8 juta kalau ¼ sekitar
400.000,-, berarti dibawah sekian maka tidak di potong tangan
· israil = nabi ya’qub
· di budha haram membunuh semua
binatnag, termasuk nyamuk
· tidak perlu lagi dibagi agama samawi
dan ardi tetapi ada agama benar dan agama yang salah, yang benar adalah islam
yang lain salah = dr. adian
· suku aborizin dan suku Indian
dibantai oleh orang barat, kenapa kita belajar toleransi kepada mereka.
· tetapi di islam, 800 th orang yahudi
dilindungi di Palestine karena berkat perjanjiannya umar bin khattab
· ijtanibu fi a’yadihim = kata umar
· PENGGUNAAN METODE OBJEKTIF
· YHWH---------------ADONAI/TUHAN
· makanya barat tidak punya nama tuhan
· Misteri Yahweh
· qul innani anallah --- dalam islam
· TIDAK ADA TUHAN KECUALI TUHAN ITU (ENSLIKOPEDI
NURCHOLISH 2007
· kata allah itu jamid bukan mustaq,
buktinya adalah jika kemasukan ya nida maka al nya tidak buang
· wajah peradaban barat
KULIAH KE II TANGGAL 9 / 4/ 2011
· Tanda Tanya untuk FILM “?”
· plurarism
KULIAH KE III TANGGAL 24 / 4/ 2011
·
Wahyu AlQur’an menurut revisionism : Dr. Abas Mansur tammam, MA
·
Definisi Revisionisme ?
·
Sifatnya monolog?
·
revisionis Muslim : Toha Husein, Ahmad Amin, fazlurrahman, nasr Hamid
Abu zeid, Muhammad arkoun
·
Akar revisionism?
·
Hermeneutika? adalah studi tentang kaidahkaidah penting dalam
menafsirkan kitab kitab suci.
·
dua sisi hermeneutika : 1. kritik teks menguji orisinalitas dan
validitas hubungan kepada penulisnya, 2) interpretasi teks.
·
karakter interpretasu hermeneutika? – makna tidak diambil dari teks,
tetapi dialektika penulis, teks dan pembaca, - tren popular : hermeneutika
berarti kematian penulis. pembaca di beri kebebasan menentukan makna tanpa
mempertimbangkan penulis . teks terbuka menerima berbagai makna.
·
ta’wil apakah sama dengan hermeunitika?
·
finkelstin : taurat yang ada tidak ada hubungannya dengan Musa
·
Zalman : sebelum Azra, Taurat kitab terbuka
·
OKSIDENTALISMEN : ORANG YANG MENGKAJI TETANG BARAT
·
Hanya 7,5 % ayat karena
asbabunnuzul jadi tidak benar alqur’an produk budaya
·
agenda revisionism : merevisi hakikat al-qur’an : “lafaz arab yang
diturunkan kepada Nabi Muhammad saw yang samapai kepada kita secara mutawatir
(syaltout, al-islam aqidah wa syariah, 471)---à al-Qur’an produk budaya (bukan wahyu), bahasa Arab bukan hakikat
al-Qur’an, Mushaf Utsmani tidak mutawattir, Mengadopsi hermeneutika sebagai
metodologi tafsir (maksudnya : ayat alqur’an dapat ditafsiri tergantung
kecenderungan pembacanya).
·
Nuzul Qur’an fondasi seluruh ilmu Qur’an, nuzulul qur’an merupakan
fondasi akidah Islam
·
3 bentuk nuzulul qur’an : turun ke lauhul mahdfuz dengan jumlah wahidah
(al-Buruj 21-22), turun ke baitul izzah di langit dunia (addukhan), turun ke
dari bait izzah ke hati Muhammad dengan perantara jibril
·
turn menjelma menjadi manusiawi (nasr abu zaid)
·
toha husein : al-qur’an respon sosial Muhammad SAW
·
Abu zeid : AlpQur’an produk budaya, --à dibangun di atas dialektika marxis à
marx: “aktivitas berpikir tidak lebih dari refleksi atas realtas, dimana
realitas di transfer ke dalam otak manusia” (Muhammad baqir sodr, 217)
·
Abu zeid : realitas membentuk teks dan makna – maknanya
·
abu zeid : konsep lauhul mahfuz tidak ilmiah dan regresif
·
abu zeid : lauhul mahfudz mitos
·
abu zeid : al-qur’an dipengaruhi budaya jahiliyyah
·
abu zeid : su’udul qur’an bukan nuzul qur’an