Kuliah Filsafat Pendidikan Islam
PROF. DR. AHMAD TAFSIR
TANGGAL 26 MARET 2011
HP. 0811 – 21 – 7608
·
Lihat buku : al-falsafah
al-tarbiyah al-islamiyyah al-syaibani
·
what’s the nature of the
world stuff
·
proses tasawuf : takhalli –
tahalli – tajalli
·
tuhan telah mati dihati
mereka ‘tuhan is thut’ god is dead’
·
a priori aposterian, kebenaran a priori adalah
kebenaran yang tidak menuntut pembuktian misalnya 3 lebih besar dari 2.
·
bagaimana “pengaruh
filsafat jika masuk ke pesantren?”
·
pendidikan islami, teorinya
diambil dari al-qur’an al-hadits tetapi kalau pendidikan sekuler diambil dari
rasio.
·
filsafat pendidkan islami
diambil dari arti attarbiyah al-islamiyah
·
filsafat yunani : tugas
manusia ialah menjadi manusia
·
strife …. love (bermusuhan
dan cinta)
·
filosof muslim pertama
al-kindi
·
agama tidak bertentangan
dengan filsafat.
·
perspektif filsafat abstrak
·
filsafat bisa masuk ke
semua bidang
·
92 % alqur’an bersifat dhan
dan 8 % bersifat qot’I atau muhkam
·
matematik itu filsafat
makanya susah untuk anak SD
·
kenapa pendidikan Islami?
·
apa beda filsafat dan ilmu
?
·
abad ke 8 sampai 13 tidak
dikotomi dalam ilmu
·
perahu nabi nuh, bekas kuda
kaki firaun, bendungan ma’arij yang membuktikan adalah orang kafir. tetapi
mereka tidak masuk islam, karena agama keyakinan bukan hnya pengetahuan.
·
ilmu itu bisa berujung
kepada keyakinan
·
isi alqur’an semua logis
(masuk akal) tetapi tidak semua rasional
·
logis itu ada dua; logis
rasional dan logis supranatural
·
orang sufi jarang berdoa
tetapi bermunajat.
·
seperti munajat robiah : ya
allah orang – orang sudah pada tidur, kami hanya menunggu disini.”
·
ya rob ya rob…ya latif ya
latif….
·
beda antara doa orang sufi
dan orang fiqh
·
ihya ulumuddin dikarang 9
tahun Selama uzlah
·
kebaikan jika dalam keadaan
puncak akan mencapai nikmat
·
tugas manusia adalah
menjadi manusia
·
tugas pendidikan adalah membantu
manusia menjadi manusia.
·
sebelum mengajar berarti
gurunya dilatih dulu agar menjadi manusia
·
pendidikan gagal karena
arah penddikan tidak focus untuk menjadikan manusia
·
system pendidikan berbasis
kompetensi muncul tahun 56 diamerika sekarang sudah ditinggalkan oleh amerika
diindonesia malah masih berkutat disitu.
·
kemampuan berbasis
kompetensi di amerika disamakan dengan kemampuan kerja.
·
kognitif, afektif dan
psikomototik itu awalnya pembagian kisi kisi untuk ujian Negara demi kompetensi
kerja
·
pada awalnya lulus SMA,
pemikirannya berkembang dan punya kemampuan bekerja
·
tau shalat, mau shalat dan
bisa shalat.
·
motor skill bukan
psikomotorik
·
filsaafat itu berada diatas
awan, karena tidak mengurus dunia
·
filsafat adalah rujukan
membuat undang-uandang
·
sama seperti pancasila,
karena pancasila itu adalah filsafat
·
pancasila itu di salurkan
dalam bentuk undang-undang atau hukum
·
membantu itu, karena
kita mengetahui bahwa anak didik kita punya potensi.
·
fitrah itu potensi menurut
ali syariati tetapi menurut prof tidak.
‘faman syaa a fal yu’min wa man sya a falyakfur”
·
kata ‘membantu’ tidak
memastikan hasil’
·
makanya kalau merumuskan
itu jangan ‘mencetak’ karena mencetak itu genteng
·
mencetak secara filsafat
kurang pas. karena setiap orang berbeda potensi dan kemampuannya.
·
disamping membantu adalah “keprihatian”.
·
‘keprihatian’ ini harus
ditanamkan di guru dan da’I .
·
lezat, nikmat, fakta
………….perbuatan jahat
·
jauh, susah,
abstrak………..perbuatan baik
·
makanya perbuatan jahat itu
lebih mudah
·
assyaibani, ---jasmani,
akal, rohani
·
di barat hanya jasmani dan
akal
·
filsafat itu hanya
membecarakan hal hal strategis, atau yang umum saja. kalau masalah teknis
diatur oleh ‘ilmu’ pendidikan.
·
pertanyaan ‘mengapa’ itu
lebih menarik disbanding ‘kapan’ dan ‘berapa’
·
manusia yang disebut
manusia dalam yunani : 1. manusia yang baik adalah manusia yang mempunyai
pengendalian yang tinggi—ini adalah inti taqwa. 2. menyelesaikan masalah dengan
akalnya, kita masih sering menyelseaikan masalah dengan otot. (ada cerita,
shabat imam ja’far shodiq menyangka bahwa yang thawaf itu semuanya haj mabrur, kemudian
imam ja’fa membukakan mata bashirohnya dan terntyata yang thawaf manusia itu
seditik, sisanya ular, binatang dll ), 3. menjaga lingkungan dan jangan membuat
gaduh ditempat orang yang sedang istirahat
·
kalau mau membuat sekolah
: fhilosopi (pandangan hidup),
pertimbangan stkholder,
·
manusia yang bisa mengatur
dirinya dan alam
·
humanism
·
rasionalisme … kebenaran
itu dicari dan diukur dengan akal
·
orang barat itu sampai
memikirkan tuhan karena tidak sampai, dan hanya terrbatas rasionalisme saja
·
khan (antinomy), berikan
sekeranjang dalil tentang adanya tuhan nanti saya kasih sekeranjang dalil
tentang tidak adanya tuhan
·
mudah-mudahan, ya apa boleh
buat ….perkataan barat ini menunjukkan adanya tuhan
·
perilaku barat itu
penjelmaan dari filsafat mereka…yang melejitkan potensi mereka sebagai manusia.
·
filsafat islam membongkar
---a. al-qur’an dan b. alkaun sedangkan filsafat barat hanya membongkar a.
alkaun
perkuliahan 9/4/2011
·
Buku M.M Syarif “the
history & muslim fhilosofy” baca buku ini
·
ada filsafat, ada tasawuf,
ada fiqh, fiqih berada di tengah, kemudian disatukan oleh hikmah mutaaliyah ---
mulla sadra yang menyatukan filsafat dan tasawuf
·
imam ghazali : orang yang
sedang menjalankan perjalanan rohani, selangkah lagi harus menghentikan kerja
akal
·
mu’tazilah : tafakkaru fi
kholqillah wala tafakkaru fi dzatihi
·
robiah : mahabbah,
al-ghazali: ma’rifat, al-hallaaj: wihdatul wujud,
·
arti mahabbah : jika anda
sudah sangat cinta berbuat baik maka anda sedang mahabbah
·
sebagian sufi : zuhud itu
lari dari dunia, tetapi menurut abdul qadir jaelani
·
filsafat itu : berfkir
mendalam (radix:radikal) artinya yaitu berpikir terus, maka dari itu filsafat
dimulai dengan bertanya dan diakhiri dengan bertanya.
·
beda dengan radikal dari
asal kata radical
·
mu’tazilah : nasib ditangan
manusia dan allah hanya merestui (cocok untuk sosialisasi KB)
·
“berpikir radikal” itu
ialah berpikir yang tidak empiric
·
radikal: mendalam berarti
mencari akar masalah: terus menerus
·
kalau filsafat pendidikan
itu lebih kepada pencarian tugas tentang pendidikan
·
Einstein IQ nya 180, tap
tidak naik kelas 2 kali karena gurunya jenius-jenius
·
IQ, EQ, SQ seharusnya IQ,
EI, SI (I maksudnya intelejent)
·
penguji IQ harus seorang
psikologi, karena itu termasuk ilmu psikologi.
·
Cerdas menurut simoy binet:
dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat
·
menurut Simoy keberhasilan
seseorang tergantung IQ nya kemudian dibantah oleh gulaeman bahwa seseorang
berhasil itu harus mempunyai Emotional intelejent yang tinggi makanya digagasla
(EI), karena catatan dia orang yang IQ nya tingga banyak yang tidak berhasil
pula
·
peningkatan EQ itu yang
terbaik adalah dengan pendidikan agama (akhlak----sufistik)
·
aplikasi filsafat
pendidikan adalah pembuat gagasan
·
paraclet : kata nabi musa,
bahwa akan datang setelah kami paraclet, maka ikutilah ia. paraclet itu adalah
Muhammad
·
orang barat itu
pegangannnya: ilmu(dipikir), filsafat(dipikir), agama (nuzul: diterima begitu saja)sedangkan
orang islam itu peganyanga : ilmu, filsafat (rasional), dan mistik (supra
rasional)
·
makanya dibarat harus
disekulerkan antara ilmu filsafat dan agama (harus dipisah).
·
logic ada 2 : rasional dan
suprarasional, dan mu’jizat termasuk suprarasional
·
kalau ingin belajar
filsafat beneran harus menggalkan agama
·
definisi filsafat adalah
GAGASAN
·
definisi filsafat yang
kedua :
·
perubahan itu paling
efektif melalui pendidikan
·
idealis : plato, aristo:
materialis
·
konsep kepemimpinan :
(siapa yang paling berhak memimpin) (pertama: saya, keluarga, suku, bangsa,
global), diindonesia masih banyak yang memimpin karena selain global)
·
Zaman itu ada zaman batu,
perunggu, roda, digital. diindonesia masih ada empat jaman itu, makanya sulit
maju.
·
CTL : Constuktif
·
Esensial : pembentukan
kepribadian dan teknologi (seperti kursi itu esensinya adalah tempat duduk dan
sandaran) (kalau tempat duduk saja bangku, kalau sandaran saja tembok)
·
definisi adalah penyebutan
esensial dan pembuangan accidential.
·
allah mengingatkan bahwa
manusia sering tertipu dengan “azzinah” atau accessories, yang bukan esensi.
· GURU :
·
guru ideal yang utama
adalah Nabi karena ia manusia, ada yang lebih ideal, adalah Allah, tetapi Allah
sulit dipelajari.
·
ketika nabi masih hidup
saja sulit untuk menjadikannya sebagai guru. karena nabi itu dilindungi oleh
Allah, punya mu’jizat, dll, dan hal ini yang mengiring prof. ahmad tafsir
memiliki mursyid. (yaitu abah anom)
·
batara guru…..
·
peningkatan ibadah --à hamba, buruh, wajar,
senanng
·
mata kuliah “pendidikan karakter
guru” seperti ada “pendidikan karakter pembisnis” dan ini bisa meluas seprti
“pendidikan karakter da’I”
·
syarat, tugas, sifat guru
dapat di baca di buku ilmu pendidikan dalam perspektif Islam
·
syarat guru : sayang kepada
muridnya seperti sayang kepada anaknya, kalau dibarat yang pertama adalah
keahlian, menurut konsep barat, kemudian tidak cacat fisik seperti buta (konsep
barat)
·
yang dimaksud sayang kepada
muridnya adalah “prihatin”
·
di dalam islam konsep guru
ke murid adalah pembentukan kepribadian
·
untuk sementara ruh dan
qolb di samakan, karena esensinya sama
·