Kuliah Kapita Selekta Pendidikan Islam



8 JANUARI 2011
DR. ADIAN HUSAINI
o   PRINSIP-PRINSIP DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (dr. Adian husaini)
o   (tugas) Cari lembaga pendidikan yang unik kemudian dipotret dan diberi rekomendasi.
o   Mengapa pendidikan?  a) pendidikan sebagai asas kebangkitan peradaban, b) problem utama umat Islam, c) tanggung jawab orang tua.
o   Ciri perabadan yang bangkit : 1) haus ilmu dan 2) haus pengorbanan à ini adalah karakter para sahabat di Madinah.
o   Seseorang yang mempunyai visi besar pasti dia akan meninggalkan peradaban, seperti peradaban Islam.
o   Peradaban bukan hanya kekuasaan tetapi keilmuan yang tinggi, sehingga jika kalau kita ingin membangun sebuah perdaban, maka harus melahirkan manusia-manusia unggul.
o   Penyakit : hubbudunya, perpecahan antar madzhab,
o   Pondok dahulu, sampai ma’had ali atau sampai melahirkan ‘Ulama”
o   “al-mujahid man jaahada nafsahu” hadits shahih (tirmidzi)
o   Kalau kebanggaan sudah hilang maka peradaban tidak akan bangkit.
o   “atau peradaban tidak akan bangkit jika tidak ada lagi kebanggaan pada dirinya
o   Muhammad asad (ceendikiawan yahudi masuk islam): No civilization can prosper or even exist after having lost this pride and the connection with its own past”
o   Pride = bangga
o   Jangan mengganggap bahwa setiap yang kita kerjakan kecil. Seperti mengajari al-Qur’an, karena itu salaah satu bagiaan dari membangun peradaaban.
o   Taqiudin (hiz tahrir) : khilafah itu tidak akan berdiri jika kurikulum pendidikan tidak diperbaiki
o   Almaiddah ayat 54 : “aizzatin ala ... “
o   Prof. Naquib al-attas: “belajar sejarah itu fardu ain”...karena didalam al-Qur’an sejarah diungkap kembali.
o   UU penodaan agama ada saja nabi palsu banyak
o   “manusia itu seperti bejana emas dan perak ...khiyarukum fi jahiliyyah khiyarukum fi islam iza faqiha”
o   I. TUJUAN : MENCETAK MANUSIA YANG BAIK (GOOD MAN/MANUSIA BERADAB)
o   Good man belum tentu good citizen
o   ... the purpose for seeking knowledge in islam is to inclcate goodness or justice in man as man and individual self. The aim of education in Islam is therefore to produce a goodman .......  (Naquib al-attas, islam and secularism, p. 150-151
o   Adab adalah pengakuan terhadap realitas, keberadaa diatur secara hierakis,  .....(al-attas, the concept of education in islam, (petaling jaya: ABIM, 1980)M H. 27
o   “Idza jaakum binabain fatabayyanu”
o   Sistem demokrasi itu menyamakan orang yang berilmu dan orang yang tidak berilmu, ... makanya sistem demokrasi ini hal yang dibenci saat yunani dulu ...
o   ‘addabani robbi faahsana ta’dini” allah yang mengadabi saya makaa adab saya menjadi baik”
o   Batangnya : budaya ilmu, pupuk: akal sehat dan sejarah bangsa, airnya : kebersamaan bangsa, cabang+buah : budaya rendah hati, ketabahana, kesetiaan
o   Konsep negara sejahtera dan bahagia
o   Aqidah (akar), akal (batang), amal, tidak melanggar syariat
o   MISI PEMBANGUNAN PENDDIDIKAN : MEWUJUDKAN MASYARAKAT BERAKHLAK MULIA, BERMORAL, BERETIKA, BERBUDAYA, DAN BERADAB, BERDASARKAN FALSAFAH PANCASILA.
o   ... maha esa itu terjemah dari wahidul ahad.
o   ADAB ITU TAUHID...SYIRIK ITU BIADAB
o   ADABUL ALIM WAL MUTAALLIM : HASYIM ASYARI
o   Setiap pasalnya dalam undang-undang ada argumen qur’annya, dan setiap selesai fasal dibacaakan al-fatihah
o   Worldview islam ada dipancasila
o   Jargonnya seharusnya “membagun peradaban Islam” j angan “menegakkan syariah”. Nanti dengan membangun peradaban Islam, syariah akan include disitu”.
o   Abu bakroh : karena dia tidak mencabut kesaksiannya (jujur) maka dicambuk. / pada masa umar bin khttab ketika, abu bakroh dan mughiroh menuduh salah seorang berzina, kemudian beliau tidak bisa mencari 2 orang lagi, akhirnya mughiroh mencabut kesaksiannya tapi abu bakroh tetap, makanya ia dicambuk, terkena qadzaf.
o   Tulis satu artikel untuk media masa, satu ide seputar pendidikan islam, satu atau dua paragraf saja.
o   II. SIFAT PENDIDIKAN ISLAM: 1) KULLIYYAH/UNIVERSAL/JAAMIAH-BUKAN PARSIAL, 2) TAUHIDIK-BUKAN DIKOTOMIS (OBJEKTIF-SUBJEKTIF; ILAHIYYAH-INSANIYYAH;DUNIA-AKHIRAT;LAHIR-BATHIN; SAINS-AGAMA), 3. SEPANJANG HAYAT: MELIPUTI PENDIDIKAN FORMAL, INFORMAL, NON FORMAL.
o   Ilmu saat ini tidak mengajarkan kebahagiaan lagi tetapi mengajarkan keserakahan, bahkan ilmu agama saat ini tidak melahirkan keyakinan.
o   “ittabiu ...ajron....(surat yasin)
o   Nulis paper....lembaga pendidikan, dipotret dianalisi, keunikannnya, modelnya.  7 s/d 10 lembar, 1 ½ spasi. Kajian lapangan bukan kajian literatur.
o   Hotel Loor in sentul (jl. Sentul raya KM 42 babakan Madang sentul bogor)
o   Makalah minggu ke 3...
22/01/2012
o   Islam itu wasatan...tidak terlalu gulu’atau ektrim.
o   Pemberontakan wanita dimulai dari barat ... karena zaman yunani perempuan hanya melahirkan saja sedangkan laki-laki bebas dan kalau mau bersenang-senang  disediakan tempat pelacuraan...dan zaman sekarang dibarat serba bebas...dan bahkan menimbulkan problematika sosial yang luar biasa..seperti minus dalam kelahiran..karena kelahiran itu merepotkan...Diislam wasatan dalam pendapatnya tentang gender... Seperti nabi ibadahnya sungguh luarbiasa sampai bengkak kakinya tetapi ada sahabat yang mau hanya ibadah didunia ini dan tidak kawin maka itu di larang oleh Allah swt. Begitu juga islam itu harus lebih tinggi dari kafir...(aizzati alalkuffar) makanya berdosa orang islam kalau ada aspek bagian didunia ini yang tertinggal oleh orang kafir..tetapi didalam islam setelah mendapati dunia kita tidak boleh mencintai dunia.  Seperti  konteks kecantikan dibarat yang membanggakan kecantikan ... tapi diislam tidak ekstrem menuhankan kecantikan..seperti jika seorang mau menikah..fazfar lizati dinihi.
o   Hasan basri pernah pingsan ketika meminum seteguk air...kala mengingat surat al-a’rof yanag penghuni neraka meminta air dari penghuni surga.
o   Begitu juga sahabat umar ketika mendengar “yauma yaqumunnasulirobbilalamin” disurat al-mutaffififin.
o   Orang muslim seperti lebah yang makan ditempat yang baik tidak seperti lalat....
o   Sa’adah didunia implikasi sa’adah di akhirat
o   Addabani robbi faahsana ta’dibi.
o   Insan adabi (rumusan Prof Wan Mohd Nor)
A truly educated man in islam is :
-          Insaf akan tanggungjawab dirinya kepada Tuhannya yang haq
-          Memahami serta menyelenggarakan penuaian keadilan terhadap dirinya dan diri-diri lain dalam masyarakat
-          Insan adabi.
·         Proses pendidikan islam (imam syafi’i): 1. Perlu kecerdasan, 2. Sikap haus ilmu, 3. Sabar, 4. Pengorbanan biaya, 5. Bimbingan guru, 6. Waktu yang lama, 7. Menjauhi maksiyat
·         Syaukautu ila wakiin su’a hifzi faarsyadani .......ini gara gara imam syafi’i tidak sengaja melihat betis....
·         (warosuna fililmi....) semangat menuntut ilmu.....harisul ilmi....(ini tanda negara yang maju)....makanya fungsi pendidikan harus menjadikan anak didik haus ilmu.
·         Guru itu harus dicari..seperti yang terdapat dalam kitab ta’lim mutaallim...
·         Ilmu adalah keyakinan ...(ilmu...bagyan bainahum)...ilmu adalah sesuatu yang menyakinkan dan seharusnya menyakinkan kepada Allah swt.
·          Husni tamrin : jangan mikirkan diri sendiri, mikirkan umat, nanti diri kamu ada yang mikirin ... in tansurullah yansurkum ...
·         Alamat rumah pa adian : TK islam al-Takwa komplek  cimanggis timah kelapa dua (depan brimob)
19 02 2012
·         Buku bagus : “Membahagiakan suami sejak malam pertama”
·         Makalah ini terinspirasi dari kehadiran saya ketika diundang balitbang kementrian agama pusat yang telah meneliti tentang pengajaran kitab kuning di pondok pesantren, survei  pada 999 pesantren, yakni 565 pesantren salafitah, 304 pesantren kombinasi dan 130 pesantren ashriyyah pada 15 profinsi. Kesimpulan dari surver tersebut adalah terjadinya pergeseran (penurunan) kitab kuning dipesantren secara kuantitas maupun kualitas .
·         Dalam acara tersebut berkembang wacana bahwa santri saat ini sudah berubah, menginginkan segalanya serba ingin instan, mungkin terpengaruh dari internet dan informasi yang cepat yang mungkin tidak hanya di dapat dari kyainya. Dahulu untuk mempelajari nahwu sharaf membutuhkan 6 tahun saat ini, tidak lagi diminati belajar “tuluzaaman “  seperti itu. Maka dari itu terinspirasi (KH. Taufikulhakim) untuk membantu para santri dengan menemukan metode praktis membaca kitab kuning.
·         Menurut pendengaran penulis dari percakapan yang ada sudah sangat banyak pesantren yang menerapkan “metode amtsilati” untuk pelajaran nahwu sharaf menggantikan kitab trasisional seperti jurumiyah, imrithi dan alfiyah.
·         Dari sini saya tertarik untuk mengkajinya, disamping untuk memperkaya disertasi saya tentang metodologi pembelajaran, yang memang banyak saya temukan pada metode amtsilati ini metode pembelajaran yang kreatif, memang terkesan tradisional seperti sorogan dan bandongan tetapi menurut penulis masih bisa diaplikasikan pada pembelajaran kontemporer bahkan bisa diterapkan pada bidang studi matematika atau IPA.
·         Penulisannya harus focus : misalnya : “manajemen bebas biaya pada khodijah islamic school”
·         TUGAS selanjutanya. Ditulis satu artikel, 3 halaman 1 ½ spasi. Tidak perlu pakai footnote tapi kutipannya harus jelas. 5000 karakter
·         Amtsilati, 6 bulan bisa baca kitab kuning.
·         Pesantren daarul qur’an mulia parung bogor
·         Sistem halaqah setiap 12 santri dibina satu guru. Setoran minimal 1 halaman untuk tahun pertama. Kelas 2 dan 3, 2 halaman perhari. Magrib muroja’ah.

Postingan populer dari blog ini

Kun Ma'allah

Sejarah Dzikrul Ghofilin

CERAMAH HAUL DAN KEHARUSAN BERGURU