Kuliah Kapita Selekta Pendidikan Islam
8 JANUARI 2011
DR. ADIAN HUSAINI
o
PRINSIP-PRINSIP
DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (dr. Adian husaini)
o
(tugas) Cari
lembaga pendidikan yang unik kemudian dipotret dan diberi rekomendasi.
o
Mengapa pendidikan? a)
pendidikan sebagai asas kebangkitan peradaban, b) problem utama umat Islam, c) tanggung
jawab orang tua.
o
Ciri
perabadan yang bangkit : 1) haus ilmu dan 2) haus pengorbanan à ini
adalah karakter para sahabat di Madinah.
o
Seseorang
yang mempunyai visi besar pasti dia akan meninggalkan peradaban, seperti
peradaban Islam.
o
Peradaban
bukan hanya kekuasaan tetapi keilmuan yang tinggi, sehingga jika kalau kita
ingin membangun sebuah perdaban, maka harus melahirkan manusia-manusia unggul.
o
Penyakit :
hubbudunya, perpecahan antar madzhab,
o
Pondok
dahulu, sampai ma’had ali atau sampai melahirkan ‘Ulama”
o
“al-mujahid
man jaahada nafsahu” hadits shahih (tirmidzi)
o
Kalau
kebanggaan sudah hilang maka peradaban tidak akan bangkit.
o
“atau
peradaban tidak akan bangkit jika tidak ada lagi kebanggaan pada dirinya
o
Muhammad asad
(ceendikiawan yahudi masuk islam): No civilization can prosper or even exist
after having lost this pride and the connection with its own past”
o
Pride =
bangga
o
Jangan
mengganggap bahwa setiap yang kita kerjakan kecil. Seperti mengajari al-Qur’an,
karena itu salaah satu bagiaan dari membangun peradaaban.
o
Taqiudin (hiz
tahrir) : khilafah itu tidak akan berdiri jika kurikulum pendidikan tidak
diperbaiki
o
Almaiddah
ayat 54 : “aizzatin ala ... “
o
Prof. Naquib
al-attas: “belajar sejarah itu fardu ain”...karena didalam al-Qur’an sejarah
diungkap kembali.
o
UU penodaan
agama ada saja nabi palsu banyak
o
“manusia itu
seperti bejana emas dan perak ...khiyarukum fi jahiliyyah khiyarukum fi islam
iza faqiha”
o
I. TUJUAN : MENCETAK MANUSIA YANG BAIK (GOOD MAN/MANUSIA
BERADAB)
o
Good man
belum tentu good citizen
o
... the
purpose for seeking knowledge in islam is to inclcate goodness or justice in
man as man and individual self. The aim of education in Islam is therefore to
produce a goodman ....... (Naquib
al-attas, islam and secularism, p. 150-151
o
Adab adalah
pengakuan terhadap realitas, keberadaa diatur secara hierakis, .....(al-attas, the concept of education in
islam, (petaling jaya: ABIM, 1980)M H. 27
o
“Idza jaakum
binabain fatabayyanu”
o
Sistem
demokrasi itu menyamakan orang yang berilmu dan orang yang tidak berilmu, ...
makanya sistem demokrasi ini hal yang dibenci saat yunani dulu ...
o
‘addabani
robbi faahsana ta’dini” allah yang mengadabi saya makaa adab saya menjadi baik”
o
Batangnya :
budaya ilmu, pupuk: akal sehat dan sejarah bangsa, airnya : kebersamaan bangsa,
cabang+buah : budaya rendah hati, ketabahana, kesetiaan
o
Konsep negara
sejahtera dan bahagia
o
Aqidah (akar),
akal (batang), amal, tidak melanggar syariat
o
MISI PEMBANGUNAN PENDDIDIKAN : MEWUJUDKAN MASYARAKAT
BERAKHLAK MULIA, BERMORAL, BERETIKA, BERBUDAYA, DAN BERADAB, BERDASARKAN
FALSAFAH PANCASILA.
o
... maha esa
itu terjemah dari wahidul ahad.
o
ADAB ITU
TAUHID...SYIRIK ITU BIADAB
o
ADABUL ALIM
WAL MUTAALLIM : HASYIM ASYARI
o
Setiap
pasalnya dalam undang-undang ada argumen qur’annya, dan setiap selesai fasal
dibacaakan al-fatihah
o
Worldview
islam ada dipancasila
o
Jargonnya
seharusnya “membagun peradaban Islam” j angan “menegakkan syariah”. Nanti
dengan membangun peradaban Islam, syariah akan include disitu”.
o
Abu bakroh :
karena dia tidak mencabut kesaksiannya (jujur) maka dicambuk. / pada masa umar
bin khttab ketika, abu bakroh dan mughiroh menuduh salah seorang berzina,
kemudian beliau tidak bisa mencari 2 orang lagi, akhirnya mughiroh mencabut
kesaksiannya tapi abu bakroh tetap, makanya ia dicambuk, terkena qadzaf.
o
Tulis satu
artikel untuk media masa, satu ide seputar pendidikan islam, satu atau dua
paragraf saja.
o
II. SIFAT PENDIDIKAN ISLAM: 1)
KULLIYYAH/UNIVERSAL/JAAMIAH-BUKAN PARSIAL, 2) TAUHIDIK-BUKAN DIKOTOMIS
(OBJEKTIF-SUBJEKTIF; ILAHIYYAH-INSANIYYAH;DUNIA-AKHIRAT;LAHIR-BATHIN;
SAINS-AGAMA), 3. SEPANJANG HAYAT: MELIPUTI PENDIDIKAN FORMAL, INFORMAL, NON
FORMAL.
o
Ilmu saat ini
tidak mengajarkan kebahagiaan lagi tetapi mengajarkan keserakahan, bahkan ilmu
agama saat ini tidak melahirkan keyakinan.
o
“ittabiu
...ajron....(surat yasin)
o
Nulis
paper....lembaga pendidikan, dipotret dianalisi, keunikannnya, modelnya. 7 s/d 10 lembar, 1 ½ spasi. Kajian lapangan
bukan kajian literatur.
o
Hotel Loor in
sentul (jl. Sentul raya KM 42 babakan Madang sentul bogor)
o
Makalah
minggu ke 3...
22/01/2012
o
Islam itu
wasatan...tidak terlalu gulu’atau ektrim.
o
Pemberontakan
wanita dimulai dari barat ... karena zaman yunani perempuan hanya melahirkan
saja sedangkan laki-laki bebas dan kalau mau bersenang-senang disediakan tempat pelacuraan...dan zaman
sekarang dibarat serba bebas...dan bahkan menimbulkan problematika sosial yang
luar biasa..seperti minus dalam kelahiran..karena kelahiran itu
merepotkan...Diislam wasatan dalam pendapatnya tentang gender... Seperti nabi
ibadahnya sungguh luarbiasa sampai bengkak kakinya tetapi ada sahabat yang mau
hanya ibadah didunia ini dan tidak kawin maka itu di larang oleh Allah swt.
Begitu juga islam itu harus lebih tinggi dari kafir...(aizzati alalkuffar)
makanya berdosa orang islam kalau ada aspek bagian didunia ini yang tertinggal
oleh orang kafir..tetapi didalam islam setelah mendapati dunia kita tidak boleh
mencintai dunia. Seperti konteks kecantikan dibarat yang membanggakan
kecantikan ... tapi diislam tidak ekstrem menuhankan kecantikan..seperti jika
seorang mau menikah..fazfar lizati dinihi.
o
Hasan basri
pernah pingsan ketika meminum seteguk air...kala mengingat surat al-a’rof yanag
penghuni neraka meminta air dari penghuni surga.
o
Begitu juga
sahabat umar ketika mendengar “yauma yaqumunnasulirobbilalamin” disurat
al-mutaffififin.
o
Orang muslim
seperti lebah yang makan ditempat yang baik tidak seperti lalat....
o
Sa’adah
didunia implikasi sa’adah di akhirat
o
Addabani
robbi faahsana ta’dibi.
o
Insan adabi
(rumusan Prof Wan Mohd Nor)
A truly educated man in islam
is :
-
Insaf akan
tanggungjawab dirinya kepada Tuhannya yang haq
-
Memahami
serta menyelenggarakan penuaian keadilan terhadap dirinya dan diri-diri lain
dalam masyarakat
-
Insan adabi.
·
Proses
pendidikan islam (imam syafi’i): 1. Perlu kecerdasan, 2. Sikap haus ilmu, 3.
Sabar, 4. Pengorbanan biaya, 5. Bimbingan guru, 6. Waktu yang lama, 7. Menjauhi
maksiyat
·
Syaukautu ila
wakiin su’a hifzi faarsyadani .......ini gara gara imam syafi’i tidak sengaja
melihat betis....
·
(warosuna
fililmi....) semangat menuntut ilmu.....harisul ilmi....(ini tanda negara yang
maju)....makanya fungsi pendidikan harus menjadikan anak didik haus ilmu.
·
Guru itu
harus dicari..seperti yang terdapat dalam kitab ta’lim mutaallim...
·
Ilmu adalah
keyakinan ...(ilmu...bagyan bainahum)...ilmu adalah sesuatu yang menyakinkan
dan seharusnya menyakinkan kepada Allah swt.
·
Husni tamrin : jangan mikirkan diri sendiri,
mikirkan umat, nanti diri kamu ada yang mikirin ... in tansurullah yansurkum
...
·
Alamat rumah
pa adian : TK islam al-Takwa komplek
cimanggis timah kelapa dua (depan brimob)
19 02 2012
·
Buku bagus :
“Membahagiakan suami sejak malam pertama”
·
Makalah ini
terinspirasi dari kehadiran saya ketika diundang balitbang kementrian agama
pusat yang telah meneliti tentang pengajaran kitab kuning di pondok pesantren,
survei pada 999 pesantren, yakni 565
pesantren salafitah, 304 pesantren kombinasi dan 130 pesantren ashriyyah pada
15 profinsi. Kesimpulan dari surver tersebut adalah terjadinya pergeseran
(penurunan) kitab kuning dipesantren secara kuantitas maupun kualitas .
·
Dalam acara
tersebut berkembang wacana bahwa santri saat ini sudah berubah, menginginkan segalanya
serba ingin instan, mungkin terpengaruh dari internet dan informasi yang cepat
yang mungkin tidak hanya di dapat dari kyainya. Dahulu untuk mempelajari nahwu
sharaf membutuhkan 6 tahun saat ini, tidak lagi diminati belajar “tuluzaaman
“ seperti itu. Maka dari itu
terinspirasi (KH. Taufikulhakim) untuk membantu para santri dengan menemukan
metode praktis membaca kitab kuning.
·
Menurut
pendengaran penulis dari percakapan yang ada sudah sangat banyak pesantren yang
menerapkan “metode amtsilati” untuk pelajaran nahwu sharaf menggantikan kitab
trasisional seperti jurumiyah, imrithi dan alfiyah.
·
Dari sini
saya tertarik untuk mengkajinya, disamping untuk memperkaya disertasi saya
tentang metodologi pembelajaran, yang memang banyak saya temukan pada metode
amtsilati ini metode pembelajaran yang kreatif, memang terkesan tradisional
seperti sorogan dan bandongan tetapi menurut penulis masih bisa diaplikasikan
pada pembelajaran kontemporer bahkan bisa diterapkan pada bidang studi
matematika atau IPA.
·
Penulisannya
harus focus : misalnya : “manajemen bebas biaya pada khodijah islamic school”
·
TUGAS
selanjutanya. Ditulis satu artikel, 3 halaman 1 ½ spasi. Tidak perlu pakai
footnote tapi kutipannya harus jelas. 5000 karakter
·
Amtsilati, 6
bulan bisa baca kitab kuning.
·
Pesantren
daarul qur’an mulia parung bogor
·
Sistem
halaqah setiap 12 santri dibina satu guru. Setoran minimal 1 halaman untuk
tahun pertama. Kelas 2 dan 3, 2 halaman perhari. Magrib muroja’ah.