Hikam 1: Sikap Orang Arif Ketika Khilaf
Mutiara Al Hikam 1: Sikap Orang Arif Ketika Khilaf
مِنْ عَلَامَةِ الْإِعْتِمَادِ عَلَى الْعَمَلِ نُقْصَانُ الرَّجَاءِ عِنْدَ وُجُوْدِ الزُّلَلِ
Artinya : "Diantara tanda sikap mengandalkan amal ialah berkurangnya harap kepada Allah tatkala khilaf".
Penjelasan
Amal yang dimaksud disini adalah amal ibadah koma seperti salat dan dzikir. Ada dua kelompok orang yang mengandalkan amal mereka atau menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal ibadah (bukan kepada Allah secara murni).
Mereka itu adalah para Abid (orang yang tekun beribadah) dan para murid (orang yang menghendaki kedekatan dengan Allah).
Golongan pertama menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya sarana untuk meraih surga dan menghindari siksa Allah sementara itu, golongan kedua menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya cara yang bisa mendekatkan diri mereka kepada Allah menyingkap tirai penghalang hati, membersihkan keadaan batin, mendalami hakikat ilahiyah (mukasyafah) dan mengetahui berbagai rahasia ketuhanan lainnya.
Kedua golongan ini sama-sama tercela, karena tindakan dan keinginan mereka itu terlahir dari dorongan nafsu dan sikap percaya diri berlebih. mereka menganggap amal ibadah sebagai perbuatan diri mereka sendiri dan yakin bahwa amal ibadah itu pasti akan membuahkan hasil yang mereka inginkan.
Berbeda dengan orang-orang yang mengenal Tuhan dengan baik (Arif) mereka tidak bergantung sedikitpun pada amal ibadah yang mereka lakukan. Menurut mereka, pelaku hakiki dari semua amal ibadah itu ialah Allah Swt. semata, sedangkan mereka hanyalah objek penampakan dari semua tindakan dan ketentuan Allah Swt.
Dalam Hikmah di atas, Ibnu athaillah menyebut salah satu tanda orang-orang yang menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal ibadah yang mereka lakukan bukan pada Allah secara murni.
Tujuannya, supaya setiap hamba bisa mengenali siapa dirinya dan termasuk golongan mana ia. Apabila di saat melakukan maksiat dan dosa, ia kehilangan harapan pada Allah yang Maha Rahmat yang akan memasukkannya ke surga, menyelamatkannya dari azab dan mewujudkan semua keinginannya, ia dianggap termasuk golongan ‘abid atau murid.
Namun, apabila apabila merasa dirinya nihil dan tak berdaya, ia termasuk golongan Arif. Jika melakukan kesalahan atau maksiat dan lalai, seseorang yang termasuk golongan Arif akan melihat perbuatannya itu sebagai ketetapan dan takdir Allah atas dirinya.
Demikian pula saat melakukan ketaatan atau mengalami musyahadah (merasa melihat Tuhan), golongan Arif tidak memandang bahwa segala daya dan upayanyalah yang melakukan ketaatan dan kebajikan itu.
Baginya tak ada beda saat benar ataupun salah, saat taat maupun khilaf karena ia telah tenggelam dalam lautan tauhid.
Rasa takut dan harapnya dalam kondisi tetap dan seimbang. Maksiat tak pernah mengurangi rasa takutnya kepada Allah dan ketaatan pun tidak menambah rasa harapnya kepadanya.
Maka dari itu, siapa yang tidak mendapati tanda seperti ini dalam dirinya, hendaknya ia berusaha mencapai maqom (kedudukan) Arif dengan banyak melakukan olah batin (riyadhah) dan wirid.
Melalui Hikmah di atas, Ibnu Athoillah ingin mendorong para salik (peniti jalan menuju Allah) agar menghindari sikap bergantung pada sesuatu selain Allah; termasuk bergantung pada amal ibadah.***
· العمل هو حركة الجسم و القلب و هو نوعان: الطاعة إذا كان يوافق الشريعة، المعصية إذا كان يخالف الشريعة
· الأعمال ثلاثة أقسام :
1. الشريعة/الإسلام/أهل البداية/لإصلاح الظواهر/الجوارح/ التوبة والتقوى والإستقامة
2. الطريقة/الإيمان/اهل الوسط/لإصلاح الضمائر/القلب/الإخلاص و الصدق و الطمأنينة
3. الحقيقة/الإحسان/اهل النهاية/لإصلاح السرائر/الروح/المراقبة/المشاهدة/المعرفة