Amtsilati
BAB I
HURUF JAR
ü Huruf
Jer antara lain adalah :
مِنْ إِلَى حَتَّى خَالَ حَاشَا عَدَا فِى عَنْ عَلَى مُذْ مُنْذُ
رُبَّ لِ كَيْ وَ وَتَ وَ كَ وَ بِ لَعَلَّ َمَتَى
الأمثلة:
مِن الجِنَّة وَ النَّاس
ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِنْ بَعْض
أَشِدَّاءُ عَلَى الكُّفَار
فِي رَسُوْل الله أُسْوَةٌ حَسَنَة
وَبِالأَخِرَة هُمْ يُوْقِنُوْنَ
الحَمْدُ لله رَبِّ العَالَمِيْنَ
فَهِيَ كَالحِجَارَة أَوْ أَشَدُّ قَسْوَة
وَالسَّمَاء وَالطَّارِق
Dasar bait:
هَاكَ حُرُوْفَ الجَرِّ وَهْيَ مِنْ إِلَى
حَتَّى خَالَ حَاشَا عَدَا فِى عَنْ عَلَى
مُذْ مُنْذُ رُبَّ اللَّامُ كَيْ وَاوٌ وَتَا
وَ الكَافُ وَ البَا وَ لَعَلَّ وَمَتَى
Huruf Jer terdiri dari
Min dan Ila
Hatta, Khola, Hasya,
‘Ada, Fii, ‘An, ‘Ala
Mudz, Mundzu, Rubba, Lam
dan Kai, Wawu dan Ta
Huruf Kaf, dan Ba, dan
La’alla dan Matta
ü
Semua huruf termasuk huruf jer
hukumnya mabni.
Dasar
bait:
وَكُلُّ حَرْفٍ مُسْتَحِقٌّ لِلْبِنَاء
وَ الأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِ أَنْ يُسَكَّنَ
Dan semua huruf hukumnya
mabni
Sukun jadi tanda aslinya
mabni
ü Kata
setelah huruf jer hukumnya jer/ majrur. Tanda jer di antaranya kasroh.
Dasar bait:
فَارْفَعْ بِضَمٍّ وَانْصِبَنْ فَتْحًا وَجُرْ
كَسْرًا كَذِكْرُاللهِ عَبْدَهُ يَسُرْ
وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنِ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ
يَنُوْبُ نَحْوُ جَاأَخُوْ بَنِي نَمِرْ
Rafa dlommah, nasab
fatah, jazem sukun
Jer kasroh, dzikirlah
Allah dengan tekun
Contoh :
مِنَ المَاءِ tidak dibaca مِنَ المَاءَ atau مِنَ المَاءُ karena setelah
huruf jer hukumnya jer. Tanda jernya kasroh. Tanpa tanwin karena ada al.
مِنْ مَاءٍ tidak di baca مِنْ مَاءً atau مِنْ مَاءٌ karena setelah huruf jer hukumnya jer. Tanda jernya kasroh. Dengan tanwin
karena tak ada al.
ü
Isim yang diakhiri dengan alif (ا / ى)disebut maqshur, tanda jernya tetap (dikira-kirakan) (tidak
memakai harokat kasroh yang nampak)
Contoh : بِالهُدَى tidak dibaca بِالهُدِى atau بِالهُدَىِ karena diakhiri alif.
Dasar bait:
فَالأَوَّلُ الإِعْرَابُ فِيْهِ قُدِّرَ
جَمِيْعُهُ وَهْوَ الَّذِي قَدْ قُصِّرَ
Isim akhirnya Alif
disebut Maqshur
‘Irob kira-kirakan,
jangan takabur
ü
Nama yang di akhiri alif, maka di
baca tetap tanpa al dan tanpa tanwin. (i’robnya dikira-kirakan atau tetap)
Contoh : إِلَى مُوْسَى tidak dibaca إِلَى مُوْسٍى atau إِلَى مُوْسَىِ karena nama yang diakhiri alif.
Dasar bait:
فَالأَوَّلُ الإِعْرَابُ فِيْهِ قُدِّرَ
جَمِيْعُهُ وَهْوَ الَّذِي قَدْ قُصِّرَ
Isim akhirnya Alif
disebut Maqshur
‘Irob kira-kirakan,
jangan takabur
ü
Isim yang diakhiri ya’ nun jamak (ين) / jamak mudzakkar salim atau yang serupa
(disebut mulhaq jamak mudzakkar salim), maka nasab dan jernya memakai ya’
(INA), rafa’nya dengan wawu (UNA) dan nun dibaca fathah.
Contoh: لِلْمُؤْمْنِيْنَ tidak dibaca
لِلْمُؤْمِنِيْنِ karena diakhiri ya’nun jamak dan
nun jamak dibaca fathah.
Dasar bait:
وَارْفَعْ بِوَاوٍ
وَ بِيَا اجْرُرْ وَانْصِبِ
سَالِمَ جَمْعِ عَامِرٍ
وَ مُذْنِبِ
وَشِبْهِ ذَيْنِ وَ
بِهِ عِشْرُوْنَ
وَ بَابُهُ أُلْحِقَ
وَ الأَهْلُوْنَ
أُوْلُوْ وَ عَالَمُوْنَ
عِلِّيُوْنَا
وَأَرْضُوْنَ شَذَّ
وَ السِّنُوْنَ
Jamak mudzakkar dan
Muthlaq nasab Ya’ – Nun
Rafa’nya Wawu-Nun dan jer
dengan Ya’ – Nun
وَنُوْنَ مَجْمُوْعٍ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ
فَافْتَحْ وَ قَلَّ مَنْ بِكَسْرَةِ نَطَقْ
وَنُوْنَ مَا ثُنِّيَ وَ الْمُلْحَقِ بِهْ
بِعَكْسِ ذَاكَ اسْتَعْمِلُوْهُ فَانْتَبِهْ
Nun jamak dan mulhaqnya
bacanya fathah
Nun Tasniyyah dan
mulhaqnya baca kasroh
ü
Gabungan dua isim/ lebih disebut
(إِضَافَةْ). Kata pertama
disebut : مُضَافْ
selain mudlof disebut : مُضَافْ إِلَيْه
mudlof tanpa al, tanpa tanwin dan tanpa nun sedangkan mudlof ilaih hukumnya
jer.
Contoh : بِرَبِّ النَّاسِ tidak dibaca بِرَبٍّ النَّاسِ atau بِرَبِّ النَّاسَ karena mudlof
tanpa al, tanpa tanwin dan tanpa nun, sedangkan mudlof ilaih hukumnya jer.
Dasar bait:
نُوْنًا تَلِي الإِعْرَابَ اَوْ تَنْوِيْنَا
مِمَّا تُضِيْفَ احْذِفْ كَطُوْرِسِيْنَا
وَالثَّانِيَ أجْرُرْ وَانْوِ مِنْ اَوْ فِي إِذَا
لَمْ يَصْلُحِ إِلَّا ذَاكَ وَ الَّامَ خُذَا
Nun dan tanwin yang jadi
mudlof di buang
Mudlof ilaih jer dan Al
Mudhof di buang
Idhofah harus menyimpan
maknanya fi
Atau maknanya min dan
maknanya li
ü I’rob
ada empat (4):
1. Rafa’
aslinya dlomah
2. Nasab
aslinya fathah
3. Jer
aslinya kasroh
4. Jazem
aslinya sukun.
Dasar bait:
فَارْفَعْ بِضَمٍّ وَانْصِبَنْ فَتْحًا وَجُرْ
كَسْرًا كَذِكْرُاللهِ عَبْدَهُ يَسُرْ
وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنِ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ
يَنُوْبُ نَحْوُ جَاأَخُوْ بَنِي نَمِرْ
Rafa dlommah, nasab
fatah, jazem sukun
Jer kasroh, dzikirlah
Allah dengan tekun
BAB II
ISIM DLOMIR (KATA GANTI)
ضَمِيْر مُتَّصِلْ |
ضَمِيْر مُنْفَصِلْ نَصَبْ |
|
ضَمِيْر مُنْفَصِلْ رَفَعْ |
||||||
مُتَكَلِّمْ |
مُخَاطَبْ |
غَائِبْ |
مُتَكَلِّمْ |
مُخَاطَبْ |
غَائِبْ |
|
مُتَكَلِّمْ |
مُخَاطَبْ |
غَائِبْ |
يْ |
كَ |
هُ |
إِيَّايَ |
إِيَّاكَ |
إِيَّاهُ |
|
أَنَا |
أَنْتَ |
هُوَ |
ناَ |
كُمَا |
هُمَا |
إِيَّانَا |
إِيَّاكُمَا |
إِيَّاهُمَا |
|
نَحْنُ |
أَنْتُمَا |
هُمَا |
|
كُمْ |
هُمْ |
|
إِيَّاكُمْ |
إِيَّاهُمْ |
|
|
أَنْتُمْ |
هُمْ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
كِ |
هَا |
|
إِيَّاكِ |
إِيَّاهَا |
|
|
أَنْتَ |
هِىَ |
|
كُمَا |
هُمَا |
|
إِيَّاكُمَا |
إِيَّاهُمَا |
|
|
أَنْتُمَا |
هُمَا |
|
كُنَّ |
هُنَّ |
|
إِيَّاكُنَّ |
إِيَّاهُنّ |
|
|
أَنْتُنَّ |
هُنَّ |
Ghoib : Orang/ barang yang
dibicarakan (orang ke-III)
Mukhotob: orang yang diajak
bicara (orang ke-II)
Mutakallim: orang yang bicara
(orang ke-I)
ü Semua
dlomir hukumnya mabni.
Dasar bait:
وَكُلُّ مُضْمَرٍ لَهُ الْبِنَا يَجِبْ
وَلَفْظُ مَاجُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ
Semua dlomir juga mabni
hukumnya
Lafadz jernya seperti
lafadz nasabnya
ü Dlomir
muttasil :
هُ، هُمَا، هُمْ، هُنَّ
bila sebelumnya berupa harokat kasroh atau ya’ sukun dalam satu kata, maka
di baca :
هِ، هِمَا، هِمْ، هِنَّ
Contoh: بِهِ dan عَلَيْهِ tidak dibaca عَلَيْهُ /بِهُkarena sebelumnya kasroh
atau ya’ sukun.
Dasar bait:
هَا فَاكْسِرَنْ مِنْ هُ هُمَا هُنَّ وَ هُمْ
إِنْ قَبْلَهَا يَا السَّاكِنْ أَوْ كَسْرٌ فَعُمْ
هُنَّ، هُمْ، هُمَا، هُHa dibaca kasroh
Sebelumnya ya’ sukun atau
kasroh
ü Huruf
jer لِ bila bertemu dengan dlomir muttasil selain
ya’ maka di baca لَ
Contoh : لَهُ tidak dibaca لِهُ karena لِ bertemu dlomir muttashil هُ maka lam dibaca fathah menjadi لَ
Dasar bait:
وَلَامَ جَرٍّ فَافْتَحَنْ إِنْ يَتَّصِلْ
بِهَا ضَمِيْرٌ غَيْرُيَاءٍ مُتَّصِلْ
Lam jer jika bertemu
dlomir muttashil
Selain Ya’ dibaca fathah
tak musykil
ü Kata
yang bertemu dengan ya’ dlomir, maka dibaca kasroh, ya’nya dibaca sukun.
Contoh: أَمْرٌ + ىْ = أَمْرِىْ
Dasar bait:
أخِرَ مَا أُضِيْفَ لِلْيَااكْسِرْ إِذَا
لَمْ يَكُ مُعْتَلًّا كَرَامٍ وَ قَذَا
Kata gandengan dlomir Ya’
dibaca kasroh
Ya’nya sukun jika mu’tal
Ya’ di fathah
ü
Kata yang berakhiran huruf ilat,
mutsanna atau jamak yang diakhiri ya’ nun, bila digandeng dengan ya’ dlomir
maka ya’ dlomir dibaca fathah.
Contoh : الدُّنْيَا + ىْ = دُنْيَاىَ
Tidak
dibaca دُنْيَاىَkarena diakhiri alif maka ya’
dlomir di baca fathah. Mutsanna: contoh مُسْلِمَيْنِ + يْ = مُسْلِمَيَّ jamak; contoh مُسْلِمِيْنَ + يْ =
مُسْلِمِيَّ
Dasar bait:
أَوْ يَكُ كَابْنَيْنِ وَ زَيْدِيْنَ فَذِى
جَمِيْعُهَا الْيَا بَعْدُ فَتْحُهَا احْتَذِيْ
Atau mutsanna yang
akhirnya Ya’-Nun
Dlomir Ya’ Fathah dan
Jamak akhir Ya’-Nun
ü مِنْ dan عَنْ bila bertemu dengan ya’ dlomir maka boleh dibacaمِنِّى dan عَنِّى dengan nun tasydid. Nun tambahan disebut dengan نُوْنْ وِقَايَة
Dasar bait:
فِي الْبَاقِيَاتِ وَ اضْطِرَارًا خَفَّفَا
مِنِّيْ وَ عَنِّيْ بَعْضُ مَنْ قَدْ سَلَفْ
مِنْ yang digandeng Ya’ bisa di baca مِنِّي
Diberi نُوْنْ وِقَايَة dan juga عَنِّيْ
عَلَى atau إِلَى bila bertemu dengan dlomir muttasil, maka di baca عَلَى atau إِلَى
Contoh : عَلَيْكُمْ tidak dibaca عَلَى كُمْ karena عَلَى bertemu dengan dlomir muttasil yaitu كُمْ maka di baca عَلَيْكُمْ
BAB III
ISIM ISYAROH (KATA TUNJUK)
ü Isim
isyaroh hukumnya mabni.
Dasar bait:
كَالشَّبَهِ الْوَضْعِي فِي اسْمَي جِئْتَنَا
وَالْمَعْنَوِيِّ فِى مَتَى وَ فِى هُنَا
Dlomir mabni serupa huruf
jumlahnya
Syarat isyaroh sama
nyimpan maknanya
BAB IV
ISIM MAUSHUL (KATA PENGHUBUNG)
ü Isim
maushul hukumnya mabni.
Dasar bait:
وَكِنَايَةٍ عَنِ الفِعْلِ بِلَا
تَأَثُّرِ وَكَافْتِقَارٍ أُصِّلَا
Dan serupa didalam butuh
sambungan
Contoh maushul mu’rob
tanpa kesamaan
ü Kata
مَنْdan مَاtermasuk isim maushul.
Dasar bait:
وَمَنْ وَمَاوَالَ تُسَاوِىْ مَاذُكِرْ
وَهَكَذَا ذُوْعِنْدَ طَيِّئٍ شُهِرْ
مَا مَنْ sama yang tersebut dan juga اَلْ
Dari maushul ذُوْ juga sudah terkenal
ü Setelah
isim maushul harus ada shilah yang mengandung dlomir yang kembali pada isim
mausul yang disebut رَابِطْ / عَائِدْ
Dasar bait:
وَكُلُّهَا يَلْزَمُ بَعْدَهُ صِلَةْ
عَلَى ضَمِيْرٍ لَائِقٍ مُشْتَمِلَةْ
Setelah mauhul harusnya
ada shilah
Mengandung dlomir dan
shilah bentuk jumlah
ü
Shilah (صِلَة) berupa jumlah
Contoh : أمَنُوْا، يَااَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا adalah
silahnya اَلَّذِيْنَ yang berdlomir munfasil هُمْ yang kembali pada الَّذِيْنَ
Dasar bait:
وَجُمْلَةٌ اَوْ شِبْهُهَا الَّذِيْ وُصِلَ
بِهِ كَمَنْ عِنْدِى الَّذِى ابْنَهُ كُفِلَ
Jumlah dan yang menyamai
dengan jumlah
Bentuk jer majrur dan
dhorof jadi shilah
ISIM ISYAROH |
ISIM MAUSHUL |
||||
هُنَالِكَ ثَمَّ هَاهُنَا |
ذلِكَ ذَانِكَ أُوْلَئِكَ |
هذَا هذَانِ هَاؤُلَاءِ |
مَنْ مَا |
اَلَّتِي اَللَّتَانِ اَللَّائِى / اَللَّاتِى |
اَلَّذِى اَللَّذَانِ اَلَّذِيْنَ |
|
تِلْكَ تَانِكَ أُولَئِكَ |
هذِهِ هَاتَانِ هَاؤُلَاءِ |
|
|
|