Amtsilati

  

BAB I

HURUF JAR

 

ü  Huruf Jer antara lain adalah :

 

مِنْ إِلَى حَتَّى خَالَ حَاشَا عَدَا فِى عَنْ عَلَى مُذْ مُنْذُ رُبَّ لِ كَيْ وَ وَتَ وَ كَ وَ بِ لَعَلَّ َمَتَى

الأمثلة:

مِن الجِنَّة وَ النَّاس

ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِنْ بَعْض

أَشِدَّاءُ عَلَى الكُّفَار

فِي رَسُوْل الله أُسْوَةٌ حَسَنَة

وَبِالأَخِرَة هُمْ يُوْقِنُوْنَ

الحَمْدُ لله رَبِّ العَالَمِيْنَ

فَهِيَ كَالحِجَارَة أَوْ أَشَدُّ قَسْوَة

وَالسَّمَاء وَالطَّارِق

 

Dasar bait:

هَاكَ حُرُوْفَ الجَرِّ وَهْيَ مِنْ إِلَى

حَتَّى خَالَ حَاشَا عَدَا فِى عَنْ عَلَى

مُذْ مُنْذُ رُبَّ اللَّامُ كَيْ وَاوٌ وَتَا

وَ الكَافُ وَ البَا وَ لَعَلَّ وَمَتَى

Huruf Jer terdiri dari Min dan Ila

Hatta, Khola, Hasya, ‘Ada, Fii, ‘An, ‘Ala

Mudz, Mundzu, Rubba, Lam dan Kai, Wawu dan Ta

Huruf Kaf, dan Ba, dan La’alla dan Matta

 

ü  Semua huruf termasuk huruf jer hukumnya mabni.

Dasar bait:

وَكُلُّ حَرْفٍ مُسْتَحِقٌّ لِلْبِنَاء

وَ الأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِ أَنْ يُسَكَّنَ

Dan semua huruf hukumnya mabni

Sukun jadi tanda aslinya mabni

 

ü  Kata setelah huruf jer hukumnya jer/ majrur. Tanda jer di antaranya kasroh.

 

Dasar bait:

فَارْفَعْ بِضَمٍّ وَانْصِبَنْ فَتْحًا وَجُرْ

كَسْرًا كَذِكْرُاللهِ عَبْدَهُ يَسُرْ

وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنِ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ

يَنُوْبُ نَحْوُ جَاأَخُوْ بَنِي نَمِرْ

Rafa dlommah, nasab fatah, jazem sukun

Jer kasroh, dzikirlah Allah dengan tekun

 

Contoh :

مِنَ المَاءِ  tidak dibaca مِنَ المَاءَ atau مِنَ المَاءُ karena setelah huruf jer hukumnya jer. Tanda jernya kasroh. Tanpa tanwin karena ada al.

 

مِنْ مَاءٍ tidak di baca مِنْ مَاءً atau مِنْ مَاءٌ karena setelah huruf jer hukumnya jer. Tanda jernya kasroh. Dengan tanwin karena tak ada al.

 

ü  Isim yang diakhiri dengan alif (ا / ى)disebut maqshur, tanda jernya tetap (dikira-kirakan) (tidak memakai harokat kasroh yang nampak)

 

Contoh : بِالهُدَى tidak dibaca بِالهُدِى atau بِالهُدَىِ  karena diakhiri alif.

 

Dasar bait:

فَالأَوَّلُ الإِعْرَابُ فِيْهِ قُدِّرَ

جَمِيْعُهُ وَهْوَ الَّذِي قَدْ قُصِّرَ

Isim akhirnya Alif disebut Maqshur

‘Irob kira-kirakan, jangan takabur

 

ü  Nama yang di akhiri alif, maka di baca tetap tanpa al dan tanpa tanwin. (i’robnya dikira-kirakan atau tetap)

 

Contoh : إِلَى مُوْسَى tidak dibaca إِلَى مُوْسٍى atau إِلَى مُوْسَىِ karena nama yang diakhiri alif.

 

Dasar bait:

فَالأَوَّلُ الإِعْرَابُ فِيْهِ قُدِّرَ

جَمِيْعُهُ وَهْوَ الَّذِي قَدْ قُصِّرَ

Isim akhirnya Alif disebut Maqshur

‘Irob kira-kirakan, jangan takabur

 

ü  Isim yang diakhiri ya’ nun jamak (ين) / jamak mudzakkar salim atau yang serupa (disebut mulhaq jamak mudzakkar salim), maka nasab dan jernya memakai ya’ (INA), rafa’nya dengan wawu (UNA) dan nun dibaca fathah.

 

Contoh: لِلْمُؤْمْنِيْنَ tidak dibaca لِلْمُؤْمِنِيْنِ  karena diakhiri ya’nun jamak dan nun jamak dibaca fathah.

 

Dasar bait:

وَارْفَعْ بِوَاوٍ وَ بِيَا اجْرُرْ وَانْصِبِ

سَالِمَ جَمْعِ عَامِرٍ وَ مُذْنِبِ

وَشِبْهِ ذَيْنِ وَ بِهِ عِشْرُوْنَ

وَ بَابُهُ أُلْحِقَ وَ الأَهْلُوْنَ

أُوْلُوْ وَ عَالَمُوْنَ عِلِّيُوْنَا

وَأَرْضُوْنَ شَذَّ وَ السِّنُوْنَ

Jamak mudzakkar dan Muthlaq nasab Ya’ – Nun

Rafa’nya Wawu-Nun dan jer dengan Ya’ – Nun

 

وَنُوْنَ مَجْمُوْعٍ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ

فَافْتَحْ وَ قَلَّ مَنْ بِكَسْرَةِ نَطَقْ

وَنُوْنَ مَا ثُنِّيَ وَ الْمُلْحَقِ بِهْ

بِعَكْسِ ذَاكَ اسْتَعْمِلُوْهُ فَانْتَبِهْ

Nun jamak dan mulhaqnya bacanya fathah

Nun Tasniyyah dan mulhaqnya baca kasroh

 

ü  Gabungan dua isim/ lebih disebut (إِضَافَةْ). Kata pertama disebut : مُضَافْ

selain mudlof disebut : مُضَافْ إِلَيْه

mudlof tanpa al, tanpa tanwin dan tanpa nun sedangkan mudlof ilaih hukumnya jer.

 

Contoh : بِرَبِّ النَّاسِ tidak dibaca بِرَبٍّ النَّاسِ atau بِرَبِّ النَّاسَ karena mudlof tanpa al, tanpa tanwin dan tanpa nun, sedangkan mudlof ilaih hukumnya jer.

 

Dasar bait:

نُوْنًا تَلِي الإِعْرَابَ اَوْ تَنْوِيْنَا

مِمَّا تُضِيْفَ احْذِفْ كَطُوْرِسِيْنَا

وَالثَّانِيَ أجْرُرْ وَانْوِ مِنْ اَوْ فِي إِذَا

لَمْ يَصْلُحِ إِلَّا ذَاكَ وَ الَّامَ خُذَا

Nun dan tanwin yang jadi mudlof di buang

Mudlof ilaih jer dan Al Mudhof di buang

Idhofah harus menyimpan maknanya fi

Atau maknanya min dan maknanya li

 

ü  I’rob ada empat (4):

1.      Rafa’ aslinya dlomah

2.      Nasab aslinya fathah

3.      Jer aslinya kasroh

4.      Jazem aslinya sukun.

 

Dasar bait:

فَارْفَعْ بِضَمٍّ وَانْصِبَنْ فَتْحًا وَجُرْ

كَسْرًا كَذِكْرُاللهِ عَبْدَهُ يَسُرْ

وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنِ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ

يَنُوْبُ نَحْوُ جَاأَخُوْ بَنِي نَمِرْ

Rafa dlommah, nasab fatah, jazem sukun

Jer kasroh, dzikirlah Allah dengan tekun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

ISIM DLOMIR (KATA GANTI)

 

ضَمِيْر مُتَّصِلْ

ضَمِيْر مُنْفَصِلْ نَصَبْ

 

ضَمِيْر مُنْفَصِلْ رَفَعْ

مُتَكَلِّمْ

مُخَاطَبْ

غَائِبْ

مُتَكَلِّمْ

مُخَاطَبْ

غَائِبْ

 

مُتَكَلِّمْ

مُخَاطَبْ

غَائِبْ

يْ

كَ

هُ

إِيَّايَ

إِيَّاكَ

إِيَّاهُ

 

أَنَا

أَنْتَ

هُوَ

ناَ

كُمَا

هُمَا

إِيَّانَا

إِيَّاكُمَا

إِيَّاهُمَا

 

نَحْنُ

أَنْتُمَا

هُمَا

 

كُمْ

هُمْ

 

إِيَّاكُمْ

إِيَّاهُمْ

 

 

أَنْتُمْ

هُمْ

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

كِ

هَا

 

إِيَّاكِ

إِيَّاهَا

 

 

أَنْتَ

هِىَ

 

كُمَا

هُمَا

 

إِيَّاكُمَا

إِيَّاهُمَا

 

 

أَنْتُمَا

هُمَا

 

كُنَّ

هُنَّ

 

إِيَّاكُنَّ

إِيَّاهُنّ

 

 

أَنْتُنَّ

هُنَّ

 

Ghoib : Orang/ barang yang dibicarakan (orang ke-III)

Mukhotob: orang yang diajak bicara (orang ke-II)

Mutakallim: orang yang bicara (orang ke-I)

 

ü  Semua dlomir hukumnya mabni.

 

Dasar bait:

وَكُلُّ مُضْمَرٍ لَهُ الْبِنَا يَجِبْ

وَلَفْظُ مَاجُرَّ كَلَفْظِ مَا نُصِبْ

Semua dlomir juga mabni hukumnya

Lafadz jernya seperti lafadz nasabnya

 

ü  Dlomir muttasil :

هُ، هُمَا، هُمْ، هُنَّ

bila sebelumnya berupa harokat kasroh atau ya’ sukun dalam satu kata, maka di baca :

هِ، هِمَا، هِمْ، هِنَّ

 

Contoh: بِهِ dan عَلَيْهِ tidak dibaca  عَلَيْهُ /بِهُkarena sebelumnya kasroh atau ya’ sukun.

 

Dasar bait:

هَا فَاكْسِرَنْ مِنْ هُ هُمَا هُنَّ وَ هُمْ

إِنْ قَبْلَهَا يَا السَّاكِنْ أَوْ كَسْرٌ فَعُمْ

هُنَّ، هُمْ، هُمَا، هُHa dibaca kasroh

Sebelumnya ya’ sukun atau kasroh

 

ü  Huruf jer لِ bila bertemu dengan dlomir muttasil selain ya’ maka di baca لَ

 

Contoh : لَهُ tidak dibaca لِهُ karena لِ bertemu dlomir muttashil هُ maka lam dibaca fathah menjadi لَ

 

Dasar bait:

وَلَامَ جَرٍّ فَافْتَحَنْ إِنْ يَتَّصِلْ

بِهَا ضَمِيْرٌ غَيْرُيَاءٍ مُتَّصِلْ

Lam jer jika bertemu dlomir muttashil

Selain Ya’ dibaca fathah tak musykil

 

ü  Kata yang bertemu dengan ya’ dlomir, maka dibaca kasroh, ya’nya dibaca sukun.

Contoh: أَمْرٌ + ىْ = أَمْرِىْ

 

Dasar bait:

أخِرَ مَا أُضِيْفَ لِلْيَااكْسِرْ إِذَا

لَمْ يَكُ مُعْتَلًّا كَرَامٍ وَ قَذَا

Kata gandengan dlomir Ya’ dibaca kasroh

Ya’nya sukun jika mu’tal Ya’ di fathah

 

ü  Kata yang berakhiran huruf ilat, mutsanna atau jamak yang diakhiri ya’ nun, bila digandeng dengan ya’ dlomir maka ya’ dlomir dibaca fathah.

 

Contoh : الدُّنْيَا + ىْ = دُنْيَاىَ

Tidak dibaca  دُنْيَاىَkarena diakhiri alif maka ya’ dlomir di baca fathah. Mutsanna: contoh مُسْلِمَيْنِ + يْ = مُسْلِمَيَّ jamak; contoh مُسْلِمِيْنَ + يْ = مُسْلِمِيَّ

 

Dasar bait:

أَوْ يَكُ كَابْنَيْنِ وَ زَيْدِيْنَ فَذِى

جَمِيْعُهَا الْيَا بَعْدُ فَتْحُهَا احْتَذِيْ

Atau mutsanna yang akhirnya Ya’-Nun

Dlomir Ya’ Fathah dan Jamak akhir Ya’-Nun

 

ü  مِنْ dan عَنْ bila bertemu dengan ya’ dlomir maka boleh dibacaمِنِّى  dan عَنِّى dengan nun tasydid. Nun tambahan disebut dengan نُوْنْ وِقَايَة

 

Dasar bait:

فِي الْبَاقِيَاتِ وَ اضْطِرَارًا خَفَّفَا

مِنِّيْ وَ عَنِّيْ بَعْضُ مَنْ قَدْ سَلَفْ

مِنْ yang digandeng Ya’ bisa di baca مِنِّي

Diberi نُوْنْ وِقَايَة dan juga عَنِّيْ

 

 عَلَى atau إِلَى bila bertemu dengan dlomir muttasil, maka di baca عَلَى atau إِلَى

Contoh : عَلَيْكُمْ tidak dibaca عَلَى كُمْ karena عَلَى bertemu dengan dlomir muttasil yaitu كُمْ maka di baca عَلَيْكُمْ

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

ISIM ISYAROH (KATA TUNJUK)

 

ü  Isim isyaroh hukumnya mabni.

 

Dasar bait:

كَالشَّبَهِ الْوَضْعِي فِي اسْمَي جِئْتَنَا

وَالْمَعْنَوِيِّ فِى مَتَى وَ فِى هُنَا

Dlomir mabni serupa huruf jumlahnya

Syarat isyaroh sama nyimpan maknanya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

ISIM MAUSHUL (KATA PENGHUBUNG)

 

ü  Isim maushul hukumnya mabni.

 

Dasar bait:

وَكِنَايَةٍ عَنِ الفِعْلِ بِلَا

تَأَثُّرِ وَكَافْتِقَارٍ أُصِّلَا

Dan serupa didalam butuh sambungan

Contoh maushul mu’rob tanpa kesamaan

 

ü  Kata  مَنْdan  مَاtermasuk isim maushul.

 

Dasar bait:

وَمَنْ وَمَاوَالَ تُسَاوِىْ مَاذُكِرْ

وَهَكَذَا ذُوْعِنْدَ طَيِّئٍ شُهِرْ

مَا مَنْ sama yang tersebut dan juga اَلْ

Dari maushul  ذُوْ juga sudah terkenal

 

ü  Setelah isim maushul harus ada shilah yang mengandung dlomir yang kembali pada isim mausul yang disebut رَابِطْ / عَائِدْ

 

Dasar bait:

وَكُلُّهَا يَلْزَمُ بَعْدَهُ صِلَةْ

عَلَى ضَمِيْرٍ لَائِقٍ مُشْتَمِلَةْ

Setelah mauhul harusnya ada shilah

Mengandung dlomir dan shilah bentuk jumlah

 

ü  Shilah (صِلَة) berupa jumlah

 

Contoh : أمَنُوْا، يَااَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا adalah silahnya اَلَّذِيْنَ yang berdlomir munfasil هُمْ yang kembali pada الَّذِيْنَ

 

Dasar bait:

وَجُمْلَةٌ اَوْ شِبْهُهَا الَّذِيْ وُصِلَ

بِهِ كَمَنْ عِنْدِى الَّذِى ابْنَهُ كُفِلَ

Jumlah dan yang menyamai dengan jumlah

Bentuk jer majrur dan dhorof jadi shilah

 

ISIM ISYAROH

ISIM MAUSHUL

هُنَالِكَ

ثَمَّ

هَاهُنَا

ذلِكَ

ذَانِكَ

أُوْلَئِكَ

هذَا

هذَانِ

هَاؤُلَاءِ

مَنْ

مَا

اَلَّتِي

اَللَّتَانِ

اَللَّائِى / اَللَّاتِى

اَلَّذِى

اَللَّذَانِ

اَلَّذِيْنَ

 

تِلْكَ

تَانِكَ

أُولَئِكَ

هذِهِ

هَاتَانِ

هَاؤُلَاءِ

 

 

 

Postingan populer dari blog ini

Kun Ma'allah

CERAMAH HAUL DAN KEHARUSAN BERGURU

Sejarah Dzikrul Ghofilin