Keutamaan Surat Al Mulk


1. Disebut Al Maani'ah oleh para Sahabat

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud RA, dia berkata:

 

من قرأ تبارك الذي بيده الملك كل ليلة منعه الله عز وجل بها من عذاب القبر، وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نسميها المانعة، وإنها في كتاب الله عز وجل، سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب . رواها النسائي

"Siapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Kami (para sahabat Nabi SAW) di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut 'Al Maani'ah' (penyelamat dari siksa kubur). Ini adalah surat dalam Alquran yang siapapun yang membacanya pada setiap malam, maka ia telah berbuat kebaikan dan memperbanyaknya." (HR An-Nasa'i)


 2. Menjadi Syafaat

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «مِنَ القُرْآنِ سُورَةٌ ثَلاثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ، وَهِي: تبارك الذي بيده الملك». وفي رواية أبي داود: «تشفع». [رواه أبو داود والترمذي وابن ماجه وأحمد]

"Sesungguhnya dalam Alquran itu ada surat dengan 30 ayat yang menjadi syafaat (penolong) bagi seseorang sampai dia mendapatkan ampunan. Itulah Surat Tabarak (Al-Mulk)." (HR Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

 

3. Nabi Muhammad SAW Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur

Hadits riwayat Jabir bin Abdullah RA menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak tidur kecuali sebelumnya membaca dua surat ini. Salah satu surat tersebut adalah Al Mulk.

عن جابر «أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا ينام حتى يقرأ الم تنزيل، وتبارك الذي بيده الملك

Dari Jabir bin Abdullah RA, dia berkata, "Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca alif laam mim tanzil (Sura As-Sajadah) dan tabaarakalladzi biyadihil mulk (Surat Al Mulk)." (HR At-Tirmidzi)

 

4. Surat Al Mulk Ternyata Juga Ada dalam Taurat

عن ابنِ مسعودٍ رضيَ الله عنه، قال: (يُؤْتَى الرَّجُلُ في قبرِه، فتُؤتى رِجْلاه فتقولُ رِجْلاه: ليس لكم على ما قِبَلي سبيلٌ؛ كان يقومُ يقرأُ بي سورةَ المُلكِ، ثمَّ يُؤتَى مِن قِبَلِ صدرِه أو قال بَطنِه، فيقولُ: ليس لكم على ما قِبَلي سبيلٌ؛ كان يقرأُ بي سورةَ الملكِ، ثمَّ يؤتَى رأسُه فيقولُ: ليس لكم على ما قِبَلي سبيلٌ؛ كان يقرأُ بي سورةَ الملكِ، قال: فهي المانِعةُ؛ تمنعُ مِن عذابِ القبرِ، وهي في التَّوراةِ سورةُ الملكِ، ومَن قرأها في ليلةٍ فقد أكثَرَ وأطنَبَ

Dari Ibnu Mas'ud RA, dia berkata, "Saat seorang lelaki ada di dalam kuburnya, kedua kakinya berkata, 'Kalian tidak bisa mendapatinya karena ia biasa membaca Surat Al Mulk.' Lalu dada atau perutnya berkata, 'Kalian tidak bisa menjangkaunya karena dia biasa membaca Surat Al Mulk.' Kemudian kepalanya berkata, 'Kalian tidak bisa menjangkaunya karena ia biasa membaca Surat Al Mulk.'" Dia (perawi) berkata, "Surat Al Mulk adalah pelindung, melindunginya dari siksa kubur. Dan pelindung ini juga ada dalam Taurat, yaitu Surat Al Mulk. Maka siapa yang membacanya di malam hari, dia telah melakukan banyak hal dan panjang." (HR Thabrani)

 

5. Melindungi dari Azab Kubur

Dalam Shahih Al Jami', juga tercantum hadits serupa, yang juga diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud RA. Berikut ini haditsnya:

سورةُ تبارك هي المانعةُ من عذابِ القبرِ

"Surat Tabarak (Al Mulk) adalah pelindung dari azab kubur."

Keutamaan Surat Al Mulk yang melindungi seorang Muslim dari azab kubur juga ada dalam riwayat hadits berikut ini:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ ضَرَبَ بَعْضُ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِبَاءَهُ عَلَى قَبْرٍ وَهُوَ لَا يَحْسِبُ أَنَّهُ قَبْرٌ فَإِذَا فِيهِ إِنْسَانٌ يَقْرَأُ سُورَةَ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ حَتَّى خَتَمَهَا فَأَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي ضَرَبْتُ خِبَائِي عَلَى قَبْرٍ وَأَنَا لَا أَحْسِبُ أَنَّهُ قَبْرٌ فَإِذَا فِيهِ إِنْسَانٌ يَقْرَأُ سُورَةَ تَبَارَكَ الْمُلْكِ حَتَّى خَتَمَهَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هِيَ الْمَانِعَةُ هِيَ الْمُنْجِيَةُ تُنْجِيهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas (Ibnu Abbas) RA, dia berkata, "Sebagian sahabat Nabi SAW mendirikan kemah di atas pemakaman, dan tidak mengira bahwa dia berada di pemakaman. Tiba-tiba ada seseorang membaca surat Tabaarokal ladzii biyadihil mulku (Surat Al Mulk) sampai selesai. Kemudian dia datang kepada Nabi SAW dan berkata, 'Wahai Rasulullah, aku membuat kemah di atas kuburan dan aku tidak mengira jika tempat tersebut adalah kuburan, kemudian ada seseorang membaca surat Tabarokal Mulk sampai selesai.'" Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Itu (Surat Al Mulk) adalah penghalang, penyelamat yang menyelamatkannya dari siksa kubur." (HR Tirmidzi)

 

6. Dilindungi dari Fitnah

 من قرأها في ليلة فقد أكثر وأطنب، ومن قرأها في كل ليلة لم يضره الفتان

"Siapa yang membacanya (Surat Al Mulk) di malam hari maka dia mendapatkan lebih banyak dan lebih panjang (kebaikannya). Dan siapa yang membacanya setiap malam tidak akan tertimpa fitnah (kesulitan)." (Al Qurtubi dalam kitab tafsirnya)

7. Dikeluarkan dari Neraka lalu Dimasukkan ke Surga

 وعن أبي هريرة قال : قال النبي صلى الله عليه وسلم : ( إن سورة من كتاب الله ما هي إلا ثلاثون آية شفعت لرجل حتى أخرجته من النار يوم القيامة وأدخلته الجنة وهي سورة " تبارك " )

Dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya ada satu surat dalam Kitabullah (Alquran) yang tidak lain hanya terdiri dari 30 ayat yang memberi syafaat untuk seseorang, hingga dikeluarkan dari neraka pada Hari Kiamat lalu dimasukkan ke dalam Surga. Itulah Surat Tabarak (Al Mulk)." (HR Tirmidzi)

 

8. Nabi Muhammad Ingin Surat Al Mulk Ada di Qalbu Setiap Muslim

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (وددت أن " تبارك الذي بيده الملك " في قلب كل مؤمن) ذكره الثعلبي.

Rasulullah SAW bersabda, "Aku ingin (Surat) Tabaarokalladzii biyadihil mulku (Al Mulk) ini ada di dalam qolbu setiap Mukmin." (Diriwayatkan Ats-Tsa'labi secara marfu)


Postingan populer dari blog ini

Kun Ma'allah

Sejarah Dzikrul Ghofilin

CERAMAH HAUL DAN KEHARUSAN BERGURU