sambutan khotmul quran ke 12

 

الحمد لله الذي علم القران خلق الانسان علمه البيان

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق، ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله وصحبه حق قدره ومقداره العظيم.

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

وَرَتِّلِ ٱلۡقُرۡءَانَ تَرۡتِيلًا

Bacalah Al-Qur’an dengan Tartil

ﺧَﻴْﺮُﻛُﻢْ ﻣَﻦْ ﺗَﻌَﻠَّﻢَ ﺍْﻟﻘُﺮْﺁﻥَ ﻭَﻋَﻠَّﻤَﻪُ

Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya (H.R. Bukhari)

إِذَا مَاتَ ابنُ آدم انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Apabila seorang manusia meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, atau ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak saleh yang mendoakannya (HR. Muslim)

Jika seorang meninggal dunia maka terputus amal pahala kebaikannya untuknya, karena ia sudah berada dialam kubur tidak bisa sholat dan zakat atau shodaqoh lagi.

Tapi ada 3 amalan yang akan terus mengalir ke mayit yang ada di alam kubur walaupun ia sudah puluhan atau ratusan tahun lamanya di alam kubur.

Yang pertama adalah shodaqh jariyah. Shodaqoh adalah pemberian harta secara ikhlas karena Allah swt baik berupa wakaf, hibah, dan bantuan sumbangan lainnya. Biasanya ini pahala ini diperuntukkan oleh orang yang mampu, orang yang diberi Allah keluasan rizki.

Maka ketika anak – anak kita sekarang lulus qiroati, maka yang senang bukan hanya guru dan ayah ibunya saja tetapi yang senang juga pewakaf, para donatur, para muhsinin yang telah menyumbang untuk keberlangsungan Azhari Islamic School Cilandak ini.

Kami hanya minta doa kepada guru-guru kami, kepada orang tua wali murid, dan kepada anak anak sekalian agar Azhari Islamic School Cilandak bisa berkembang. Insya Allah dalam waktu dekat ini azhari bisa memperluas bangunannya kedepan agar bisa lebih dimanfaat lagi untuk umat. Amin ya Robbal Alamin.

Yang kedua di dalam hadits tadi adalah ilmu yuntafau bihi atau ilmu yang bermanfaat.

Point yang kedua ini pahalanya akan mengalir kepada kepala sekolah, dewan guru yang mengajar.

Ingat...murid yang spesial itu murid yang masih hafal nama – nama gurunya saat ia masih kecil. Masih ingat guru yang pertama kali mengajarkan surat fatihah. Tapi ada lagi murid yang lebih spesial, yaitu murid yang ada di dalam hati sang guru, murid yang selalu di doakan oleh sang guru....bagaimana caranya....caranya sering-sering juga mendoakan gurunya, sering-seringlah silaturahim kepada gurunya.

Yang terakhir adalah waladun sholeh atau anak sholeh.

Yang ketiga ini pahalanya akan mengalir kepada orangtuanya ketika oangtuanya. Kenapa? Karena karena jerih payah, kerja kerasnya orang tua hingga bisa menyekolahkan anaknya di azhari. Semoga azhari bisa melahirkan anak yang sholeh dan sholehah, amin.

Insya Allah berapa pun biaya yang bapak ibu keluarkan untuk biaya pendidika putra dan putri ibi di balas berlipat ganda oleh Allah swt.

Karena anak ini investasi dunia kahirat. Investasi akhiratnya insya Allah anaka anak kita yang akan menarik tangan kita ke surga Amin.

Di azhari ini selain ada qiroati, ada juga kurikulum alazhar caior mesir yang diajarkan di dalamnya tahfiz dan tarbiyah islamiyah diazhari ini juga diajarkan bahasa arab dan bahasa inggris di samping menggunakan kurikum nasional juga untuk beberapa pelajaran menggunakan cambridge kurikulum

Semoga anak kita menjadi investasi dunia akhirat kita. Amin.

Postingan populer dari blog ini

Kun Ma'allah

Sejarah Dzikrul Ghofilin

CERAMAH HAUL DAN KEHARUSAN BERGURU