Bantu Palestina

 

Sebagaimana kita ketahui, perang besar antara Palestina dengan Israel kembali terjadi. Sudah begitu lama rakyat Palestina melakukan perlawanan terhadap Israel atas penjajahan dan penindasan yang dilakukan terhadap saudara kita itu. Sesuai dengan konstitusi negara kita, penjajahan seperti ini harus dihapuskan dari muka bumi ini.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk untuk membantu saudara kita di Palestina? Setidaknya, ada tiga hal yang harus kita lakukan.

Pertama, mendoakan mereka agar yang wafat diampuni, dirahmati dan ditempatkan oleh Allah swt di tempat yang terbaik. Kita doakan juga yang sakit disembuhkan, dikuatkan kesabaran bagi para pemimpin dan rakyat Palestina hingga mendapatkan pertolongan dari Allah Swt. Ini merupakan ujian hidup yang memang sudah menjadi ketentuan Allah swt, ujian yang bisa terjadi juga kepada kita, Allah swt berfirman:

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ  وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun" (QS Al Baqarah [2]:155-156)

Kedua, melawan opini yang dilontarkan oleh tokoh tokoh barat bahwa perlawanan yang dilakukan rakyat Palestina adalah teroris. Padahal, dalam konteks perjuangan untuk membebaskan negeri dari segala bentuk penjajahan, hal itu merupakan suatu keharusan. Para pahlawan dan pejuang di negeri kita juga begitu, apa mau kita katakan Teuku Umar dan Cut Nyak Din sebagai teroris, apa kita rela Jendral Sudirman dan Pangeran Diponegoro dimasukkan kedalam kelompok teroris?.

Oleh karena itu, kita lawan tuduhan sebagai teroris dengan menegaskan bahwa mereka adalah para pejuang dan mujahid yang harus membebaskan tanah airnya dari kekuasaan penjajah. Tuduhan seperti itu hanya menginginkan tidak ada lagi orang yang mau berjihad, karena dibayang bayangi oleh ketakutan.

Tapi, mereka mengalami kegagalan, karena segala cara mereka lakukan untuk menghambat dan mematikan perjuangan rakyat Palestina terhadap Penjajah Israel tidak ada hasilnya, Allah swt berfirman:

يُرِيْدُوْنَ لِيُطْفِـُٔوْا نُوْرَ اللّٰهِ بِاَفْوَاهِهِمْۗ وَاللّٰهُ مُتِمُّ نُوْرِهٖ وَلَوْ كَرِهَ الْكٰفِرُوْنَ

Mereka ingin hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir benci. (QS Ash Shaf [61]:8)

Ketiga, membantu dengan dana. Memang di negeri kita juga masih banyak orang yang susah, tapi saudara kita di Palestina lebih susah lagi. Penderitaan mereka berkepanjangan. Masjid, sekolah, rumah dan gedung yang hancur harus dibangun lagi, rakyat yang sakit dan cacat harus diobati agar sembuh kembali. Kebutuhan makan dan minum harus dipenuhi setiap hari. Karena itu, bantuan kita percayakan penyalurannya kepada lembaga-lembaga resmi ormas maupun Lembaga negara.

Sebagai orang yang bertaqwa, kita tentu mau membantu saudara kita di Palestina sesuai dengan kemampuan kita masing-masing, bahkan para sahabat Nabi saw yang dulu tidak punya kemampuan didorong untuk berinfak atau sedekah, Rasulullah saw sampai menyatakan:

اتَّقُوا النار وَلوْ بِشقِّ تَمْرةٍ

Jauhkanlah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma (HR. Bukhari dan Muslim).

Kita berharap bantuan yang kita berikan bisa mengurangi dan menghilangkan sebagian dari kesusahan mereka, ini berarti kepentingannya buat kita juga yang memberikan bantuan, Rasulullah saw bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعَسِّرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِيْ الدُّنْيَا وَالآَخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمَاً سَتَرَهُ اللهُ فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَاللهُ فِيْ عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ

Barangsiapa yang menghilangkan satu kesulitan seorang mukmin yang lain dari  kesulitannya di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan darinya satu kesulitan pada hari kdiamat. Barangsiapa yang meringankan orang yang kesusahan (dalam hutangnya), niscaya Allah akan meringankan baginya (urusannya) di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah  akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut mau menolong saudaranya (HR. Muslim).

Dengan demikian, kita doakan semoga rakyat Palestina khususnya dan kita semua pada umumnya mendapatkan kekuatan iman dan kesabaran, diberi jalan keluar atas problematika dan mendapatkan kemudahan dari kesulitan serta memperoleh kemerdekaan lahir dan batin. Kesemua itu dalam kerangka ketaqwaan kepada Allah swt. Demikian khutbah kita yang singkat hari ini, semoga bermanfaat bagi kita bersama, amin.

Postingan populer dari blog ini

Kun Ma'allah

Sejarah Dzikrul Ghofilin

CERAMAH HAUL DAN KEHARUSAN BERGURU