SASARAN, DESKRIPSI DAN PROGRAM KERJA


PEMBANTU KETUA I (BIDANG AKADEMIK)

STAI ALHIKMAH JAKARTA

PERIODE 2024 - 2029

 

 

SASARAN:

1.      Terlaksananya proses kegiatan akademik sesuai Visi, Misi, dan Tujuan Institusi.

2.      Terlaksananya kegiatan pengembangan akademik sesuai dengan RIP.

3.      Tersusunnya rencana penerimaan mahasiswa di tingkat Jurusan/Program Studi untuk empat tahun yang akan datang.

4.      Terwujudnya target penerimaan mahasiswa sesuai rencana yang telah ditetapkan.

5.      Terwujudnya penyesuaian kurikulum di tingkat Jurusan/program studi sesuai kebutuhan stakeholder, melalui evaluasi kurikulum secara periodik.

6.      Tersusunnya kurikulum di tingkat Jurusan/Program Studi sesuai kebutuhan stakeholder.

7.      Terlaksananya proses kegiatan akademik sesuai rencana yang ditetapkan.

8.      Terlaksananya Proses Belajar Mengajar sesuai kurikulum yang telah ditetapkan.

 

DESKRIPSI KERJA:

1.      Melakukan koordinasi, pengawasan dan evaluasi kepada Jurusan/program studi dalam pelaksanaan kegiatan akademik.

2.      Melakukan pengarahan kepada Jurusan/ program studi dalam evaluasi dan pengembangan kurikulum sesuai kebutuhan stakeholder.

3.      Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar sesuai kurikulum yang ditetapkan.

4.      Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik secara keseluruhan.

5.      Menyusun rencana pengembangan kegiatan akademik Fakultas berkoordinasi dengan jurusan/ program studi.

6.      Menilai dan melaporkan kinerja tenaga edukatif dengan menggunakan sistem penilaian yang ditetapkan Perguruan Tinggi.

7.      Berkoordinasi dengan Ketua dalam bidang Akademik.

8.      Menyiapkan jadwal kuliah dan ujian sesuai kalender akademik yang ditetapkan.

 

PROGRAM KERJA :

1.         Evaluasi dan pembaruan kurikulum sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi.

2.         Pelatihan peningkatan kompetensi dosen dalam pengajaran, penelitian, dan penggunaan teknologi.

3.         Pelatihan dan pendampingan bagi dosen dalam penulisan artikel di jurnal bereputasi.

4.         Pendampingan program studi dalam proses akreditasi BAN-PT

5.         Pelaksanaa PPL untuk memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa.

6.         Digitalisasi proses akademik seperti pendaftaran, penjadwalan kelas, pelaporan hasil belajar, pelayanan bimbingan mahasiswa dan sistem informasi akademik.

7.         Monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap proses belajar mengajar di setiap program studi.

 

SASARAN, DESKRIPSI DAN PROGRAM KERJA

PEMBANTU KETUA III (BIDANG KEMAHASISWAAN)

STAI ALHIKMAH JAKARTA

PERIODE 2024 - 2029

 

SASARAN:

1.      Tersusunnya rencana pengembangan kegiatan kemahasiswaan di tingkat Jurusan untuk empat tahun yang akan datang sesuai Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan

2.      Terwujudnya kerjasama antara Program Studi dengan perusahaan-perusahaan pengguna tenaga kerja melalui kerjasama dalam bentuk penelitian, career program, magang di bawah koordinasi Perguruan Tinggi.

3.      Terwujudnya kesejahteraan mahasiswa melalui perolehan pendanaan untuk beasiswa, biaya penelitian, dana program kemahasiswaan.

4.      Terwujudnya kerjasama antara Jurusan dengan Perguruan Tinggi lain melalui kerjasama dalam bentuk penelitian bersama, studi banding, pertukaran mahasiswa.

5.      Tersedianya informasi lowongan pekerjaan bagi calon dan alumni.

6.      Terlaksananya kegiatan kemahasiswaan yang mendukung peningkatan kualitas dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja .

 

DESKRIPSI KERJA:

1.      Melakukan konsultasi dengan Ketua dalam penyusunan rencana pengembangan kegiatan kemahasiswaan di tingkat Jurusan untuk empat tahun mendatang.

2.      Melakukan konsultasi dengan Ketua untuk pelaksanaan kerjasama dengan perusahaan pengguna tenaga kerja dan perguruan tinggi lain.

3.      Mengkoordinir penyediaan informasi lowongan pekerjaan.

4.      Melakukan koordinasi dengan Pengurus Keluarga Alumni STAI ALHIKMAH Jakartadalam fungsinya sebagai pusat informasi.

5.      Melakukan pengarahan, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan tingkat Jurusan yang mendukung peningkatan kualitas dan kesiapan mahasiswa memasuki dunia kerja.

6.      Bertanggung jawab untuk mengarahkan, mengawasi dan mengevaluasi setiap kegiatan kemahasiswaan.

7.      Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dengan lembaga-lembaga mahasiswa di tingkat Jurusan.

 

PROGRAM KERJA :

1.        Pelatihan kepemimpinan dan manajemen organisasi bagi pengurus organisasi mahasiswa.

2.        Penyediaan informasi dan pendampingan pengajuan beasiswa

3.        Program talent scouting untuk menemukan potensi mahasiswa di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik.

4.        Penyelenggaraan kompetisi atau festival seni dan budaya, serta olahraga untuk meningkatkan minat dan partisipasi mahasiswa.

5.        Memfasilitasi pelatihan dan program untuk mendukung jiwa kewirausahaan mahasiswa.

6.        Pelatihan dan pemberdayaan mahasiswa untuk kegiatan pengabdian masyarakat, Pengembangan jaringan alumni dan pelatihan magang baik melalui community service maupun program PPL.

7.        Pusat pengembangan karir yang menyediakan pelatihan persiapan kerja

8.        Penyuluhan dan pelatihan kedisiplinan serta penerapan kode etik bagi seluruh mahasiswa.

9.        Program pengembangan karakter untuk membentuk mahasiswa yang berintegritas dan bertanggung jawab.

10.    Digitalisasi pelayanan kemahasiswaan untuk memudahkan akses layanan  dan pembuatan media sosial untuk memudahkan komunikasi dan akses informasi.

Postingan populer dari blog ini

Kun Ma'allah

CERAMAH HAUL DAN KEHARUSAN BERGURU

Sejarah Dzikrul Ghofilin